< Tips

5 Cara Orang Bermental Baja Dalam Menghadapi Stres

5 Cara Orang Bermental Baja Dalam Menghadapi Stres

Tips

Stres merupakan hambatan umum bagi seseorang yang produktif dan sukses dalam karier. Itu sebabnya, mampu mengatasi stres secara efektif sangatlah penting. Menurut Amy Morin, penulis 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, ada cara terbaik untuk mencari tahu cara terbaik dalam melakukan stress management.

Berikut Check In Jakarta akan berbagi 5 cara orang yang bermental baja menghadapi rasa stres mereka sendiri berdasarkan poin-poin yang ditulis oleh Amy Morin dalam bukunya tersebut.

1. Mereka Percaya Diri dan Dapat Meyakinkan Diri Sendiri
Percaya diri dan dapat meyakinkan diri merupakan kunci dari orang yang memiliki kepribadian kuat. Selain itu mereka juga tidak sungkan-sungkan untuk membantu orang dalam mengatasi stres. Mereka memiliki prinsip: Saya bisa menghadapi stres dan saya akan baik-baik saja, apapun yang terjadi.

2. Mereka Fokus Dengan Apa Yang Mereka Kontrol
Ada beberapa hal yang memang berada di luar kontrol Anda maupun orang lain, dan tak jarang hal ini dapat membuat stres. Orang-orang yang memiliki mental kuat tahu betul apabila mereka memiliki tanggung jawab terhadap sesuatu. Mereka akan bertindak dan mencari solusi untuk mencegah hal yang tak diinginkan dan tidak akan membuang energi pada hal tidak bisa mereka kontrol.

3. Mereka Menghabiskan Waktu Bersama Orang-Orang Positif
Dukungan sosial merupakan bagian penting untuk memerangi stres. Orang yang bermental kuat biasanya mencari lingkungan yang positif juga. Bila Anda dikelilingi oleh orang-orang yang pesimis, maka Anda akan terbawa pesimis. Bila Anda dikelilingi oleh orang-orang optimis, maka Anda pun akan terbawa optimis. Jadi, bergaulah dengan orang-orang yang berasal dari lingkungan positif karena akan dapat membantu Anda terhindar dari perasaan stres.  

4. Mereka Mengutamakan Tugas
Waktu itu berharga. Orang yang bermental kuat sangat mengerti dan menghargai waktu. Mereka tidak pernah ragu untuk membuang hal-hal yang tidak penting atau mengganggu mereka. Hal ini mereka lakukan agar dapat fokus dan menyelesaikan hal yang lebih penting dan prioritas.

5. Mereka Menjaga Kesehatan dan Mengembangkan Diri
Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan beristirahat cukup merupakan upaya yang selalu dilakukan oleh orang-orang bermental baja. Ketika dirinya mulai merasa stres, mereka tidak akan membiarkan dirinya mengonsumsi caffeine dan alkohol secara berlebihan. Justru sebaliknya, ketika mereka mulai merasakan stres, mereka akan “mengobatinya” dengan cara melakukan meditasi, olahraga, atau menulis blog.