< FYI

5 Cara Penyajian Kopi yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Salah Pilih

5 Cara Penyajian Kopi yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Salah Pilih

FYI

Apakah Anda suka ngopi di coffee shop? Kopi apa yang biasa Anda beli? Espresso? Cappuccino? Latte? Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang sebenarnya membedakan kopi-kopi tersebut?

Ternyata espresso, cappuccino, dan latte merupakan beberapa teknik penyajian kopi yang paling populer di dunia. Tentunya masih ada lagi teknik penyajian kopi lainnya yang biasa dipesan para pecinta kopi. Apa sajakah itu? Dan apa yang membedakannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Espresso
Espresso adalah kopi yang diekstraksi menggunakan mesin. Mesin tersebut akan memberikan tekanan pada kopi yang sudah digiling menggunakan air panas. Melalui espresso, para penikmat kopi sejati bisa menikmati rasa asli dari biji kopi, karena kopi ini dibuat tanpa tambahan apapun, seperti gula, krimer, ataupun susu.

2. Latte

Photo Source: https://pixabay.com

Kopi ini menjadi sajian kopi yang paling disukai semua kalangan. Komposisi latte terdiri dari espresso yang dicampur dengan susu yang sudah dipanaskan dengan uap, sehingga membentuk busa di atasnya. Kopi ini juga biasa disebut kopi susu, karena rasa kopi dan susu yang seimbang.

3. Cappuccino
Salah satu ciri khas kopi ini terletak pada busanya yang tebal. Komposisi cappuccino terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu panas, dan sepertiga busa. Pada dasarnya, cappuccino sama seperti latte, yang membedakan hanyalah komposisi susu yang lebih sedikit dibandingkan latte, rasa kopinya pun cenderung lebih kuat.

4. Mocha
Kopi ini terbilang unik karena terdapat komposisi cokelat yang dicampurkan dengan espresso dan susu. Kata mocha sendiri diambil dari nama salah satu pelabuhan dagang kuno di negara Yaman, yang dulunya merupakan pusat ekspor kopi utama di dunia, yaitu Mukha.

Photo Source: https://pixabay.com

5. Flat White
Kopi ini merupakan varian kopi susu yang cukup populer di Australia dan New Zealand, karena di sanalah varian ini dicetuskan. Dengan busa yang lebih sedikit, flat white memiliki rasa susu yang lebih kuat dibandingkan kopi-kopi lainnya. Jadi, yang mana kopi favorit Anda?