< Tips

5 Cara Praktis Menghemat Uang Belanja

5 Cara Praktis Menghemat Uang Belanja

Tips

Anda pasti setuju jika tanggal gajian menjadi salah satu tanggal penting yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Tenang, Anda bukan satu-satunya orang yang membayangkan begitu menyenangkannya saat tanggal gajian tiba. Sesaat setelah gaji masuk ke rekening Anda, terlintas di dalam benak untuk segera ‘menghamburkannya’, termasuk belanja bulanan yang rutin diadakan. Namun, hal tersebut bisa jadi bumerang jika tidak berhati-hati dalam membelanjakannya. Berikut cara praktis mengelola uang belanja bulanan sehemat mungkin agar gaji awet hingga akhir bulan.

1. Membuat Daftar Belanja

photo source: pixabay.com

Agar tidak lapar mata, pastikan membawa daftar belanja yang sudah dibuat sebelumnya. Catat dan periksa kembali, apakah barang yang Anda tulis dalam daftar sudah benar-benar habis atau benar-benar Anda perlukan. Jika setia pada daftar belanjaan, tidak menutup kemungkinan gaji aman hingga akhir bulan.

2. Alokasikan Uang Belanja

photo source: pixabay.com

Biasakan untuk membagi-bagi gaji bulanan Anda dengan cara memisahkan dalam dompet atau amplop berbeda. Mendahulukan kebutuhan pokok setelah menerima gaji merupakan cara ideal untuk berhemat. Dengan demikian, Anda akan berpikir dua kali untuk berbelanja barang yang memang tidak diperlukan. Nah, teknologi yang ada saat ini memudahkan Anda untuk memisahkan gaji dalam wujud debit. Anda dapat mengawasi setiap pengeluaran yang Anda lakukan melalui gawai.

3. Selalu Cek Harga

photo source: www.fourthsource.com

Perhatikan dengan seksama selisih harga barang produk sejenis yang mungkin dapat Anda hemat. Penghematan kecil seperti itu berguna untuk menyisihkan lebih banyak uang, baik ditabung atau disimpan sebagai cadangan. Pilih yang paling sesuai dengan bujet dan keinginan Anda. Di samping itu, pilih barang dengan kemasan lebih besar. Sekilas, harganya memang terkesan mahal, namun jika dihitung volume produk dengan harga yang tertera, ada margin keuntungan. Keuntungan lain dengan memilih produk lebih besar ialah memungkinkan Anda untuk tidak berbelanja barang sama di bulan depan sebab produk bisa bertahan lebih lama.

4. Manfaatkan Diskon

photo source: pixabay.com

Maksimalkan mental diskon dalam diri Anda untuk berhemat. Tidak ada salahnya untuk mengecek adanya diskon atau promo setiap hari yang biasanya ditawarkan oleh supermarket besar. Namun, sebelum terbuai dengan besarnya diskon, pastikan Anda mengetahui harga standar dari barang yang didiskon. Kebanyakan barang diskon harganya sudah dinaikan terlebih dahulu. Selain itu, saat melihat diskon, jangan langsung kalap. Kuncinya, beli semua yang ada di dalam daftar belanja (prioritas), kesampingkan keinginan Anda, fokus pada kebutuhan.

5. Belanja di Supermarket Besar

photo source: pixabay.com

Mengapa disarankan untuk berbelanja di supermarket besar? Pasalnya, supermarket besar menawarkan barang yang lebih lengkap dengan potongan harga yang menggiurkan untuk menghabiskan stok. Siklus stok barang baru yang biasanya datang lebih cepat memaksa mereka untuk menghabiskan stok lama. Yang perlu diperhatikan, stok lama yang ditawarkan dengan harga miring biasanya mendekati masa kedaluwarsa. Jadi, cek kembali produknya hingga detail.