< FYI

5 Cara Tetap Sehat Makan Seafood

5 Cara Tetap Sehat Makan Seafood

FYI

Bagi orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi, harus pintar-pintar dalam memilih makanan. Salah satu makanan nikmat yang kurang aman bagi pemilik kolesterol tinggi adalah seafood. Padahal, makanan laut kaya akan asam lemak omega-3 dan zat gizi lainnya yang justru baik bagi kesehatan.

Jika Anda tidak ingin ketinggalan segudang manfaat dari makanan laut, simak tips sehat makan seafood bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi dari HelloSehat.

1. Perhatikan Porsinya
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk makanan. Maka, bagi Anda yang ingin tetap makan seafood tanpa harus khawatir kolesterol akan naik, batasilah porsi makan Anda! Cukup konsumsi satu porsi makanan laut untuk sekali makan. Contohnya, satu porsi seberat 35 gram (5 ekor ukuran sedang), satu ekor cumi ukuran sedang (sekitar 45 gram), atau satu porsi kerang sekitar 90 gram.

2. Perhatikan Cara Memasaknya
Makanan yang digoreng dapat menyumbang lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Cara memasak yang paling aman adalah dengan cara dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali.

Ada banyak menu seafood tanpa minyak yang bisa Anda konsumsi. Contohnya, udang panggang, kerang rebus, pepes ikan, atau tim ikan. Jika ingin memanggang ikan atau olahan laut lainnya, pangganglah di atas panci kering atau rak yang memungkinkan lemak dari makanan menetes sehingga tidak mengendap.

Sebisa mungkin hindari minyak sayur, apalagi minyak yang sudah berulang kali digunakan (jelantah). Gunakanlah minyak sehat yang rendah lemak seperti canola atau minyak zaitun.

3. Sandingkan dengan Makanan Berserat
Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu. Maka, sayuran dan kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang buncis wajib ada sebagai makanan pendamping saat makan seafood. Tahu dan tempe juga sama baiknya sebagai makanan pendamping. Pasalnya, protein dari kacang kedelai dapat mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kadar kolestrol LDL dan trigliserida. Anda juga bisa menyantap buah sebelum atau sesudah makan seafood.

4. Tambahkan Banyak Rempah-rempah
Untuk menambah cita rasa dan menjaga kelembapan daging, Anda bisa menambahkan rempah dan bumbu-bumbu lainnya sebagai pengganti garam. Metode memasak ini dijamin akan membuat aroma yang menggugah selera, namun tetap rendah kolesterol.

Beberapa rempah juga ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol, seperti bawang putih yang dilaporkan dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 mg/dL. Oleh karena itu, menambahkan bawang putih dalam bumbu masakan bisa menjadi cara yang lebih aman untuk menjaga kadar kolesterol darah stabil saat makan seafood.

5. Tambahkan Perasan Jeruk Lemon
Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon di atas masakan seafood. Kandungan vitamin C dan flavonoid (eriocitrin dan limolnin) dalam lemon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.