< Recreation

5 Destinasi Liburan di Jawa Barat untuk Short Trip Seru

5 Destinasi Liburan di Jawa Barat untuk Short Trip Seru

Recreation

Merasa sudah terlambat untuk memilih destinasi untuk long weekend besok? Tapi bosan di Jakarta dan tetap ingin berlibur? Jangan khawatir, Anda bisa menyambangi 5 daerah di Jawa Barat yang siap dengan beragam keunikan destinasi wisatanya. Simak artikel Check In Jakarta berikut ini dan have a wonderful short trip in West Java!

1. Pangandaran

Photo source: http://anekatempatwisata.com

Bersantai menyeruput es kelapa di pinggir Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, bisa menjadi destinasi yang menarik. Tak hanya itu, di sini Anda juga bisa bersenang-senang melakukan kegiatan wisata pantai seperti parasailing, jetski, naik perahu pesiar, memancing, ataupun sekedar berkeliling dengan sepeda.

Perlu dicatat, setiap sekitar bulan Juni atau Juli, selalu diselenggarakan Festival Layang-Layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) di sini. Indonesia juga tak perlu berkecil hati, karena kita memiliki Green Canyon sendiri di Pangandaran, yang biasa disebut sebagai Cukang Taneuh oleh warga setempat. Berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cilujang, Kabupaten Ciamis. Siapkan kamera Anda untuk menjepret keindahan alam saat menyusuri sungai dikelilingi batuan alam. 

2. Sukabumi

Photo source: http://arungjeramcitarik.co.id

Kalau Anda ingin sedikit memacu adrenalin, arung jeram di Sungai Citarik, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan opsi yang menarik, nih. Sungai yang satu ini sudah memenuhi standar dari Federasi Arung Jeram Internasional atau International Rafting Federation (IRF). Bagaimana tidak, arung jeram di sini masuk pada grade IV yang cukup menantang.

Sukabumi juga punya Sungai Citatih, yang memiliki arus lebih deras, sungai lebih lebar, dan jalur yang lebih panjang. Sangat menantang, kan? Bagi Anda yang hobi mendaki, Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak juga bisa menjadi alternatif menarik. Tak lupa, wisata budaya Kampung Ciptagelar yang terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, juga perlu masuk dalam daftar Anda. Sebab desa ini sudah ada sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun!

Photo source: http://tempatwisataseru.com

Taman alam batuan tua yang dikenal dengan nama Geopark Ciletuh juga menjadi lokasi wisata andalan Sukabumi yang sudah dikukuhkan sebagai Geopark Nasional oleh UNESCO. Tak hanya keindahan alam batuan, Anda juga bisa menyegarkan diri dengan 10 air terjun pegunungan di sini. Sounds refreshing, right?

3. Garut

Photo source: http://www.kampungsampireun.com

Selain terkenal dengan jajanan kuliner dodol, Garut juga memiliki kawasan wisata alam yang digemari wisatawan. Salah satunya, Kampung Sampireun Resort & Spa, yang menjunjung keindahan suasana perkampungan Sunda.

Terletak di Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, resort berbintang tiga yang menempati lahan seluas 3,6 hektar ini memiliki 22 unit bungalow dan 20 unit villa yang bisa Anda pilih, dengan harga mulai dari 2-6,5 juta rupiah. Bungalow-nya didesain menyerupai rumah panggung khas Sunda Parahyangan dan dibangun di atas danau.

Terbangun di pagi hari dan melihat pemandangan danau saat membuka pintu ataupun menyusuri danau dengan kano tentu menghadirkan kesejukan tersendiri. Tak heran tempat ini sering dijadikan destinasi berlibur ataupun bulan madu favorit.

Aneka hiburan seperti angklungan, jaipongan, dan kecapi suling juga siap menghibur Anda. Tak lupa, Garut juga punya danau Situ Bagendit yang terkenal masih baik dan terjaga kondisinya. Di mana Anda bisa menikmati kesejukan udara di atas perahu, sepeda air, atau rakit khas Situ Bagendit. Cocok untuk Anda yang ngidam piknik di tepi danau! 

Berbelanja busana berbahan kulit seperti jaket atau tas di Desa Sukaregang sebagai sentra industri kulit di Garut bisa menjadi opsi yang menarik, kan?


Photo source: http://liwetasepstroberi3.wordpress.com

Nasi Liwet Pak Asep Stroberi yang salah satu cabangnya berada di Jalan Raya Kadung Kanora Nomor 245, Garut, juga menjadi destinasi kuliner favorit. Rasakan kelezatan masakan Sunda karya Bapak Asep dan kesegaran buah stroberi, dalam saung-saung ditemani pemandangan sawah dan sungai. A nice getaway!

Kampung Sampireun
Jl.Raya Samarang Kamojang KM.44, Garut Jawa Barat
Tel. +62262542393 / +6281323007130
E-mail: info@kampungsampireun.com
Website: http://kampungsampireun.com

4. Tasikmalaya

Photo source: http://anekatempatwisata.com (Kampung Naga)

Kota yang terletak 106 km sebelah timur Kota Bandung ini diam-diam punya destinasi wisata yang beragam, lho. Kalau Anda ingin berbelanja aneka kerajinan tangan, Anda bisa berbelanja di Desa Rajapolah, surganya kreasi anyaman. Mulai dari tas, topi, dompet, sandal dan souvenir bisa Anda dapatkan dengan harga yang super friendly.

Anda juga bisa mengenal budaya di Kampung Naga, sebuah desa yang masih mempertahankan adat istiadat budaya Sunda dan kebudayaan sejak zaman leluhurnya. Terbayang, dong, serunya berkenalan dengan warga sekitar dan mempelajari langsung kebudayaan mereka?

Tasikmalaya juga punya Gunung Galunggung, dimana Anda akan ‘cuci mata’ dengan pemandangan alam seperti danau, pemandian air panas, dan kolam renang.

Danau Situ Gede seluas 47 hektar juga bisa Anda sambangi sebagai wahana rekreasi. Selain memiliki fasilitas jogging track, area memancing, dan tempat berperahu untuk membelah danau.

5. Cirebon

Photo source: Twitter (@nasijamIbuNur)

Kalau Anda berencana ke Cirebon, jangan lewatkan wisata kuliner Nasi Jamblang dan Empal Gentong. Nasi Jamblang adalah nasi berukuran kepalan tangan orang dewasa yang dibungkus daun jati, disajikan dengan beragam lauk pauk yang bisa Anda pilih, antara lain sambal goreng ati, sate kentang, ikan asin, paru, telur dadar, tempe atau tahu goreng, dan balakutak. Balakutak adalah hewan laut seperti cumi-cumi, tetapi dimasak bersama dengan tintanya. Siap-siap tinta hitam akan menempel di bibir dan lidah Anda.

Photo source: http://empalgentongkrucuk.com

Untuk Empal Gentong, yang paling favorit di Cirebon adalah Empal Gentong Bu Darma yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Krucuk, No. 1.

Bagi Anda yang senang wisata historis, Cirebon punya Keraton Kasepuhan, yakni keraton yang dikenal paling megah di Cirebon, bertempat di Jl. Jagasatru, Cirebon. Anda akan melihat perpaduan budaya Jawa, Sunda, Cina, India, Arab, dan Eropa pada bangunan keraton ini.

Untuk Anda yang ingin liburan romantis bersama pasangan, Bukit Gronggong dikenal sebagai tempat paling romantis di Cirebon, lho. Momen makan malam Anda akan semakin spesial sambil melihat pemandangan lampu Kota Cirebon dari atas bukit.