< Marketing

5 Fakta Tentang Dunia Digital Indonesia

5 Fakta Tentang Dunia Digital Indonesia

Marketing

Dunia digital kini tengah memasuki masa keemasannya. Di seluruh dunia termasuk Indonesia terjadi fenomena di mana masyarakat tidak dapat terlepas dari smartphone, tablet, laptop, dan internet. Lalu apa saja fakta tentang dunia digital di Indonesia tahun ini?

1. Pertumbuhan Pengguna Internet di Indonesia
Walaupun tidak menunjukkan angka yang signifikan di awal tahun, tetapi angka pengguna aktif internet di Indonesia saat ini berjumlah sekitar 72,7 juta orang. Dari total populasi sebanyak 255.5 juta orang, 72 jutanya aktif menggunakan internet. Hal ini berarti kurang lebih 28% dari total penduduk Indonesia telah sadar akan kebutuhan internet dan telah bergabung dalam dunia digital.

2. Kenaikan Pengguna Aktif Media Sosial
Internet kini tidak dapat dipisahkan dari media sosial. Apalagi dengan kampanye media sosial besar-besaran yang terjadi beberapa tahun belakangan. Hal tersebut pun membuahkan hasil yang cukup mengejutkan. Sebesar 16% masyarakat yang menggunakan internet memiliki akun media sosial dengan. Jika dipetakan lebih detail lagi berarti 72 juta dari 72,7 juta orang menggunakan media sosial secara aktif. Tak heran kalau Indonesia adalah pengguna Facebook terbanyak ke-5 di dunia.

3. Penggunaan Media Sosial Sehari-Hari
Mungkin Anda tidak sadar bahwa waktu yang Anda habiskan untuk bergulat di media sosial lebih banyak daripada waktu mandi Anda dua hari sekali. Ya, menurut data stastik dari Global/WebIndex, setiap harinya masyarakat Indonesia menggunakan media sosial selama kurang lebih 2 jam 52 menit.

4. Kehadiran E-Commerce
E-commerce tampaknya semakin merajai dunia digital. Buktinya di Indonesia para pengguna internet yang berjumlah 72,7 juta, lebih dari 20 persennya aktif terlibat dalam kegiatan e-commerce. Dengan data kurang lebih 16% melakukan transaksi lewat computer dan 9% lewat telepon genggam.

5. WhatsApp Aplikasi Chatting Paling Digemari
Sebesar 12 persen WhatsApp mendapatkan ketertarikan dari pengguna internet secara mobile. Para pengguna aktif internet menggemari WhatsApp sebagai pengganti layanan sms di telepon genggam mereka. Hal ini pun menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi chatting di peringkat pertama yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia