< FYI

5 Fakta Menarik Mudik Gratis yang Harus Anda Ketahui

5 Fakta Menarik Mudik Gratis yang Harus Anda Ketahui

FYI

Kementerian Perhubungan telah membuka pendaftaran mudik gratis bagi para warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. Bagi Anda yang ingin mudik, namun masih ragu untuk ikut mudik gratis, berikut fakta yang harus Anda ketahui.

1. Menekan Angka Kecelakaan
Selain untuk mengurangi kemacetan, mudik gratis juga bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Bisa dipastikan kalau menjadi peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan, keselamatan Anda tentu sangat dijamin dan diperhatikan.

2. Rute Mudik di Sejumlah Kota
Pendaftaran online mudik gratis bisa Anda lakukan melalui http://mudikgratis.dephub.go.id, sedangkan untuk pendaftaran offline mudik gratis dilaksanakan di GOR Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan. Selain itu, Kantor Dinas Perhubungan Bekasi, Depok, Tangerang, dan Tangerang Kota juga melayani calon pemudik yang ingin mendaftarkan dirinya. Adapun rute tujuannya yakni Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Tegal, Blora, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Jepara.

3. Pelayanan Mudik Gratis Menggunakan Bus
Layanan mudik gratis lebih banyak menggunakan bus. Sementara itu, motor para calon pemudik nantinya akan dikirim melalui truk, kereta api, dan kapal laut. Mudik gratis dengan moda bus ini akan ditutup pendaftarannya pada 16 Juni mendatang.

4. Pemerintah Juga Memfasilitasi Arus Balik
Tak hanya arus mudik, pemerintah juga membuka pendaftaran untuk arus balik. Adapun delapan kota yang menyelenggarakan, antara lain Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Kudus, Cirebon, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

5. Jadwal Keberangkatan
Jadwal keberangkatan mudik berbeda-beda, tergantung kota tujuan. Calon pemudik yang menggunakan bus akan berangkat pada 22 Juni dari Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara dan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Sebanyak 976 bus disiapkan untuk mengantar mereka menuju kampung halaman. Sedangkan mudik gratis dengan moda kapal laut akan berangkat pada 17, 19, 21, dan 23 Juni 2017 dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Emas, Semarang. Jadi, Anda tertarik untuk ikut mudik gratis?