Tuesday, December 10, 2019
Bisnis
Bisnis

5 Fakta Menarik Tentang Ruangguru

Spectr News Theme Isny Dewi R.
17, September 2019
467

Pelajar di Indonesia kini semakin dimudahkan dalam belajar. Salah satunya karena hadirnya aplikasi Ruangguru. Didirikan oleh anak muda Indonesia berbakat, kini Ruangguru pun berhasil menjadi aplikasi favorit yang memberikan banyak manfaat untuk para generasi penerus bangsa.

Perusahaan teknologi berbasis pendidikan ini berkomitmen menjadi mitra bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui Sistem Manajemen Belajar atau Learning Management System (LMS). Berikut lima fakta menarik tentang Ruangguru yang harus Anda tahu.

1. Pendiri Ruangguru
Ruangguru didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman. Keduanya kini berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses berusia di bawah 30 tahun. Sang CEO Ruangguru, Belva Devara merupakan orang Indonesia pertama yang mendapat beasiswa penuh di program bergelar ganda di Harvard University dan Stanford University. Pria kelahiran tahun 1990 itu juga menjadi orang Indonesia pertama yang diterima dalam program gelar ganda studi Ilmu Komputer dan Bisnis di Nanyang Technological University (NTU).

Sementara sahabat Belva, Iman Usman merupakan lulusan pendidikan FISIP jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan magister di Columbia University dengan IPK cumlaude 3.90.

2. Cara Daftar
Ruangguru bisa digunakan di PC serta smartphone Android dan iOs. Ada banyak produk yang ditawarkan Ruangguru mulai dari ruangbelajar, ruanglesonline, digitalbootcamp, ruanguji, ruangles hingga ruangkelas. Bagi para pelajar yang ingin belajar secara online dengan guru professional, bisa mendaftar terlebih dulu dengan cara membuka situs web ruangguru.com/register. Di situ, Anda bisa mendaftar sebagai murid.

Bagi yang ingin belajar pilih Daftar Sebagai Murid. Isi data dengan lengkap seperti nama, email, nomor handphone, hingga kelas yang ingin diikuti. Setelah diisi lengkap, klik tombol submit. Langkah selanjutnya, Anda bisa mencari guru sesuai dengan minat. Anda harus mengisi data belajar, lokasi belajar, dan data diri. Lalu yang terakhir adalah menyelesaikan proses pembayaran.

3. Harga Paket
Harga paket belajar di Ruangguru sangat beragam. Untuk produk Ruangbelajar, harga paket dibanderol mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 1,45 ribu, untuk kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA. Ada juga kelas SBMPTN dan STAN. Jika Anda penasaran ingin mengetahui produk beserta harga paket yang ditawarkan Ruangguru, Anda bisa cek di ruangguru.com/belajar. Semua proses pembayaran dilakukan secara online. Semakin menarik karena Anda juga dapat menggunakan voucer promo agar lebih hemat.

4. Fitur Baru Ruangguru
Belum lama ini, Ruangguru mengeluarkan fitur terbaru. Live Teaching. Fitur ini dapat menyiarkan secara langsung pemaparan dari guru melalui aplikasi. Pengguna pun dapat langsung melakukan tanya jawab melalui fitur chat. Selain itu, ada juga Discussion Forum yang diskusinya bisa dimoderatori oleh pelajar sendiri.

5. Bimbel Online Terbesar di Indonesia
Ruangguru telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta mengelola lebih dari 150.000 guru dan menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Bimbingan belajar (bimbel) berbasis online ini pun kini menjadi yang terbesar di Indonesia, serta menjadi startup digital di bidang pendidikan terbaik di Indonesia. Ruangguru juga berhasil menyabet berbagai penghargaan, seperti Google Launchpad Accelerator 2016 – Awardee, UNICEF Youth Innovation Forum 2015 - Innovation to Watch, dan masih banyak lagi.

 

Top Photo Source: Instagram @ruangguru

 

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration