< FYI

5 Fakta Mengejutkan di balik Segarnya Minuman Soda

5 Fakta Mengejutkan di balik Segarnya Minuman Soda

FYI

Saat haus melanda minuman soda memang menjadi pilihan orang, rasanya yang menyegarkan diikuti dengan keluarnya buih seketika membuat Anda kembali bersemangat. Di samping sensasinya itu, minuman soda juga nikmat disesap dengan makanan apapun. Tidak mengherankan jika minuman soda menjadi favorit semua orang. Namun, di balik kesegaran minuman soda tersebut, terdapat fakta mengejutkan yang harus Anda ketahui.

1. Tinggi kandungan gula

photo source: pixabay.com

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Endocrinology menyebutkan bahwa minuman soda kalengan mengandung sedikitnya lima sendok gula. Padahal, asupan gula yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya hanya empat sendok makan. Tingginya kandungan gula dalam minuman soda meningkatkan risiko terserang diabetes 2,4 kali lebih besar. Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan gula maksimum sebanyak 25 gram atau 6 sendok teh per hari.

2. Merusak gigi

photo source: pixabay.com

Tingginya kandungan gula dalam minuman soda juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Selain gula, dua kandungan lain yang dapat sebabkan kerusakan gigi seperti berlubang adalah sitrat dan asam fosfat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minuman soda yang dikonsumsi secara rutin selama lima tahun menyebabkan kerusakan gigi, mulai dari berlubang hingga membusuk seperti pecandu obat-obatan.

3. Sebabkan asam urat

photo source: pinterest.com

Asam urat dipicu oleh makanan dan minuman berpurin tinggi, seperti makanan laut dan minuman soda. Makanan dan minuman berpurin tinggi meningkatkan kadar asam urat yang kemudian mengkristal sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Zat purin yang terkandung dalam minuman soda dapat merusak jaringan tulang rawan sendi, lama kelamaan pengidapnya berpeluang untuk mengalami kelumpuhan dan cacat permanen.

4. Tulang mudah keropos

photo source: www.express.co.uk

Kandungan asam fosfat dalam minuman soda dapat membuat tulang mudah rapuh. Sedikit demi sedikit asam fosfat mengikis tulang, hal tersebut membuat osteoporosis lebih cepat menghampiri diri Anda.

Framingham Osteoporosis Study menyimpulkan bahwa minuman soda menyebabkan keropos tulang pada perempuan melalui perbanding frekuensi konsumsi minuman ringan, terutama yang mengandung soda antara perempuan dan laki-laki.

5. Merusak ginjal

photo source: www.healthline.com

Asam fosfat dalam minuman soda juga dapat mengikat kalsium dalam tubuh. Kalsium tersebut akan diendapkan dalam ginjal. Endapan kalsium dalam ginjal menjadi pemicu terbentuk batu ginjal. Batu ginjal dapat menurunkan kemampuan ginjal untuk membuang racun dalam tubuh tubuh. Saat kinerja ginjal menurun, tubuh lebih banyak menyimpan racun yang berdampak buruk bagi kesehatan.