Sunday, September 15, 2019
FYI
FYI

5 Fakta tentang Penajam Paser Utara

Spectr News Theme Isny Dewi R.
03, September 2019
129

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah resmi mengumumkan wilayah yang dipilih sebagai calon ibu kota Indonesia yang baru. Lokasi tersebut berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kutai Kartanegara, keduanya berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Dipilihnya dua wilayah itu karena setelah dikaji selama sekitar tiga tahun, kedua wilayah tersebut sama-sama jauh dari potensi bencana alam. Selain itu, lokasi keduanya terbilang strategis karena berada di tengah-tengah Indonesia, dan berada cukup dekat dengan wilayah kota yang sedang berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

Bagi Anda yang belum tahu tentang salah satu ibu kota baru Indonesia, berikut fakta Penajam Paser Utara yang Check In Jakarta rangkum dari berbagai sumber.

1. Memiliki Banyak Sumber Daya Alam
Sebagai calon ibu kota baru, Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki cukup banyak sumber daya alam, yaitu sumber daya hutan, perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan dan kehutanan. Potensi ekonomi tersebut bisa menjadi peluang bagi untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2. Dulunya Kerajaan
Penajam Paser Utara dulu sempat dihuni Suku Paser Tunan dan Suku Paser Balik. Suku-suku tersebut hidup secara terpencar. Masing-masing suku mendirikan kerajaan kecil yang disebut Kerajaan Adat. Mereka menjalani tradisi yang telah diwariskan turun-temurun, salah satunya memiliki mata pencarian sebagai nelayan dan petani.

Banyak di antara suku-suku tersebut yang sudah punah namun tetap menyimpan legenda yang hidup di masyarakat hingga kini. Sayangnya, belum ada catatan resmi yang menceritakan kerajaan kecil yang dulu sempat berjaya. Sejak Kerajaan Paser mulai berdiri, kawasan yang dimiliki Suku Adat Tunan dan Penajam menjadi bagian wilayah kerajaan.

3. Potensi Wisata
Objek wisata di Penajam Paser Utara mungkin belum banyak populer dan dikelola dengan baik. Namun, potensi wisata di calon ibu kota baru ini mulai ada. Seperti, air terjun tersembunyi yang cantik bernama air terjun Tembinus, penangkaran rusa yang cukup luas, wisata pantai dan taman hutan mangrove.

4. Luas Wilayah
Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten ini dipimpin oleh Bupati Abdul Gafur Mas'ud, yang terpilih untuk periode 2018 – 2023. Menurut data dari Badan Pusat Statistik, Kabupaten Penajam Paser Utara tercatat memiliki wilayah seluas 3.333,06 km2, yang terdiri dari 3.060,82 km2 wilayah daratan, dan 272,24 km2 merupakan wilayah laut.

5. Penduduk Setempat
Penduduk Penajam Paser Utara mayoritas merupakan transmigran asal pulau Jawa dengan jumlah sekitar 60%, sementara sisanya berasal dari Sulawesi dan Kalimantan Selatan. Diperkirakan penduduk Penajam Paser Utara saat ini berjumlah 157.711 jiwa, dan tercatat memiliki empat kecamatan yaitu Kecamatan Babulu, Waru, Penajam, dan Sepaku.

 

Top Photo Source: id.wikipedia.org/wiki/Pengguna:Ezagren

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration