< FYI

5 Fakta Terkait Ulang Tahun Google

5 Fakta Terkait Ulang Tahun Google

FYI

Google kini telah berusia 17 tahun. Tanggal 27 September 2015 kemarin menandai sekian tahun perjuangan Larry Page dan Sergey Brin dalam mendirikan perusahaannya. Seiring berlalunya waktu, Google telah mengalami banyak perubahan, bermula dari mesin pencari experimental hingga kini menjadi sebuah perusahaan yang tidak akan terhapus dari sejarah. Berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu terkait ulang tahun Google.

  1. Server pertama Google terbuat dari mainan blok
    Google terlahir manis dan kreatif. Dalam sebuah postingan blog di hari ulang tahunnya, Google menunjukkan foto-foto klasik, termasuk server pertama yang digunakan Larry dan Sergey di asramanya yang terbuat dari mainan blok. Ya, inovasi internet termutakhir dulunya merupakan sebuah mesin yang imut.
  1. Logo asli Google terlihat tidak didesain dengan rapi
    Kita semua tahu bahwa logo Google selalu berevolusi secara terus menerus. Ruth Kedar, desainer logo pertama mengatakan bahwa ia bermaksud untuk menciptakan logo yang sederhana, playful, dan terlihat acak. Logo tersebut seolah-olah adalah coretan anak-anak dan tidak mengikuti aturan pewarnaan.
  1. Google Doodle membantu menyebarluaskan logo baru
    Perusahaan menggunakan Google Doodle sebagai alat publikasi logo baru Google, sebulan sebelum ulang tahunnya. Doodle tersebut muncul di hampir semua negara di dunia. Animasi dimulai dengan menunjukkan logo lama. Sebuah tangan muncul dan menghapus logo tersebut, memberi ruang kepada logo baru.
  1. Logo Google dulunya memiliki tanda seru
    Sebuah tanda seru yang biasa terlihat pada logo Yahoo! pertama kali digunakan pada tahun 1998, ketika Larry dan Sergey memakai logo tersebut dalam proyek kampus di Stanford University. Tanda seru tersebut hanya bertahan selama satu tahun dan kemudian dihilangkan ketika Google merilis logo baru pada Mei 1999.
  1. Google was first known as ‘Backrub’
    Pada tahun 1996, Google dikenal dengan nama BackRub. Pada saat itu, mereka bahkan tidak memiliki logo, melainkan sebuah foto tangan yang mengusap punggung. Barulah setahun kemudian Larry dan Sergey meluncurkan logo resmi Google.