< FYI

5 Fakta Unik di Balik Lezatnya Martabak Manis

5 Fakta Unik di Balik Lezatnya Martabak Manis

FYI

Inovasi martabak kekinian membuat penganan ini tak pernah membosankan, malah semakin digemari banyak orang. Apalagi untuk martabak manis. Di balik legitnya, ternyata tersimpan fakta unik yang belum banyak diketahui. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Nama Asli Martabak Manis
Hok Lo Pan adalah nama asli martabak manis yang berasal dari Bangka Belitung. Martabak pertama kali diciptakan oleh orang Hakka yang ada di Bangka. Maka jangan heran, jika Anda sering melihat gerai martabak dengan tambahan kata “Bangka” di belakangnya.

2. Sebutan Martabak Manis di Berbagai Kota
Tahukah Anda bahwa di beberapa kota, martabak manis memiliki nama lain? Di Bandung martabak manis disebut kue terang bulan. Uniknya, di Semarang justru dikenal dengan nama Kue Bandung. Sementara di Pontianak disebut dengan Apam Pinang. Sedangkan di daerah di Indonesia Timur dikenal dengan Kue Bulan.

3. Enak Disantap di Malam Hari
Pernahkah Anda bertanya kenapa sebagian besar gerai martabak buka di malam hari? Banyak yang mengatakan bahwa martabak paling enak dimakan saat malam. Alasan inilah yang membuat banyaknya gerai martabak yang baru buka pada sore hari menjelang malam.

4. Martabak Manis Cocok dengan Segala Topping
Inilah sebabnya kenapa martabak manis berevolusi menjadi makanan kekinian. Tekstur adonan martabak yang empuk dan manis membuatnya selalu enak dicampur dengan berbagai topping. Teksturnya yang berongga juga membuat mentega, susu kental manis, dan topping-nya dapat dengan mudah meresap ke dalam.

5. Makin Berminyak Makin Enak
Terakhir, semakin banyak mentega, semakin enak! Walau berminyak, justru di situlah letak kenikmatan martabak. Hmmm, jadi tidak sabar ingin makan martabak, ya?