Sunday, April 05, 2020
FYI
FYI

5 Film ini Tunda Penayangannya Karena Wabah Virus Corona

Spectr News Theme Isny Dewi R.
17, March 2020
152

Kepanikan akibat wabah virus Corona atau COVID-19 tak hanya terjadi di kalangan masyarakat, tapi juga di berbagai sektor industri, termasuk industri perfilman dunia. Menurut The Hollywood Reporter, wabah virus Corona telah membuat pundi-pundi box office dunia menyusut hingga 5 miliar dolar AS. Belum lagi, beberapa studio film raksasa memutuskan untuk menunda penayangan sejumlah film yang telah dinanti-nanti akibat virus Corona. Apa sajakah film yang ditunda penayangannya?

1. No Time To Die
Para penggemar film James Bond terpaksa harus kembali bersabar. Pasalnya, film terbaru James Bond 007: No Time To Die yang seharusnya dirilis pada bulan April, dipastikan diundur hingga November 2020. Pengumuman ini disampaikan melalui akun Instagram resmi @007, pada Kamis (5/3/2020).

Unggahan tersebut berisi poster film resmi No Time To Die dengan caption, “MGM, Universal dan Bond producers, Michael G Wilson dan Barbara Broccoli, hari ini mengumumkan bahwa setelah pertimbangan yang cermat dan evaluasi menyeluruh dari pasar teater global, perilisan NO TIME TO DIE akan ditunda hingga November 2020. Film ini akan dirilis di Inggris pada tanggal 12 November 2020 dengan tanggal rilis di seluruh dunia untuk diikuti, termasuk peluncuran di AS pada tanggal 25 November 2020.

No Time To Die merupakan film ke-25 James Bond 007, sekaligus film terakhir Daniel Craig sebagai agen mata-mata Inggris. Selain Craig, film ini juga menampilkan aktor peraih Oscar, Rami Malek.

2. A Quiet Place 2
Kabar ditundanya jadwal rilis film A Quiet Place Part 2 diumumkan langsung oleh sang sutradara, John Krasinski, melalui akun Instagramnya @johnkrasinski, Jumat (13/3/2020).


Picture source: Instagram @johnkrasinski

“Untuk penggemar A Quiet Place. Salah satu hal yang paling membanggakan bagi saya, saat kalian bilang, film kami salah satu yang wajib ditonton bareng-bareng. Namun, mengingat perkembangan yang terjadi di dunia kita saat ini, maka jelas ini bukan waktu yang tepat untuk merilisnya. Sama seperti kalian, kami pun bersemangat untuk menyaksikan film ini. Saya menanti waktu rilis sampai kita bisa menontonnya bersama)," ujar aktor sekaligus filmmaker itu pada unggahannya.

Dalam pengumuman tersebut, Krasinski belum memastikan kapan film tersebut akan tayang. Namun, ia memastikan akan ada pemberitahuan lebih lanjut.

3. Fast & Furious 9 (F9)
Fast and Furious 9 memundurkan jadwal tayang hampir setahun lamanya. Dari yang semula bulan Mei 2020 menjadi 2 April 2021. Melalui akun Instagram resmi @thefastsaga, pada Jumat (13/3/2020), Fast & Furious 9 mengumumkan penundaan tersebut dan jadwal rilis terbarunya.


Picture source: Instagram @thefastsaga

"Untuk keluarga besar penggemar Fast di manapun kalian berada. Kami merasakan cinta dan antisipasi kalian terhadap jilid berikutnya dari Saga Fast. Karenanya kami ingin memberi tahu kalian, jadwal rilis film ini diubah. Kami jelaskan, rasanya tak mungkin tetap merilis film ini di bulan Mei. Kami memindahkan tanggal rilis global menjadi April 2021 dengan penayangan perdana di Amerika Utara tanggal 2," tulis @thefastsaga.

Akun tersebut juga menambahkan, "Kami tahu kalian kecewa karena menanti F9 sedikit lebih lama. Keputusan ini dengan pertimbangan utama keselamatan kita semua."

4. Mulan
Sutradara film Mulan, Niki Caro mengumumkan penundaan penayangan film Mulan melalui akun Instagram pribadinya @nikicaro, pada Jumat (13/3/2020). Caro mengunggah baliho raksasa dengan poster Mulan yang terpasang di salah satu sudut jalan. Menyertai foto tersebut, ia menulis sebuah caption yang berisi pengumuman penundaan film Mulan.


Photo credit: Instagram @nikicaro

"Penggemar Mulan tersayang, memproduksi film ini salah satu hal paling memuaskan dan menggembirakan di sepanjang karier saya. Dan saya sangat beruntung jadi bagian dari perjalanan ini bersama pemain serta kru terbaik dalam industri. Mereka orang-orang pengusung kesetiaan, keberanian, dan kejujuran yang sejati.”

Niki lalu menjelaskan, ia dan tim sangat bersedih dan berempati pada dunia yang tengah berjuang melawan wabah virus Corona. "Namun berdasarkan kondisi terkini yang kita alami, dengan sangat menyesal sekarang kami menunda perilisan Mulan di seluruh dunia. Empati kami untuk setiap orang di seluruh dunia yang terdampak virus Corona dan kami harap semangat juang Mulan terus berlanjut untuk mereka yang menjaga keselamatan kita semua," papar Niki Caro, panjang.

Sutradara kelahiran Selandia Baru itu juga berterima kasih kepada penggemar yang antusias dan mengaku tak sabar menanti jadwal rilis Mulan yang baru. "Saya tak sabar menanti hari di mana kita bisa menyaksikan pejuang perempuan yang menjadi legenda,” lanjut Niki.

5. KKN Di Desa Penari
Tak hanya film-film Hollywood, film Indonesia pun terpaksa harus menunda jadwal penayangannya. Salah satunya adalah film KKN di Desa Penari yang sebelumnya diagendakan untuk rilis pada tanggal 19 Maret 2020.

 
Picture source: Instagram @kknmovie

Melalui akun Instagram resminya @kknmovie, kabar tersebut diumumkan pada beberapa unggahan yang sama dengan caption, “[BREAKING‼] Penayangan film #KKNDiDesaPenari ditunda. Nantikan #KKNMovie dan ikuti terus update-nya di akun kami." tulis @KKNMovie, pada Jumat (13/3/2020).

Top picture source: Instagram @007

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration