Tuesday, December 10, 2019
FYI
FYI

5 Film yang Harus Anda Tonton Minggu ini

Spectr News Theme Isny Dewi R.
20, August 2019
621

Ada rencana nonton film minggu ini? Berikut rekomendasi film, baik film Indonesia maupun Hollywood yang patut Anda tonton.

1. Bumi Manusia
Lahir dari jari hebat sang sastrawan Pramoedya Ananta Toer lewat buku Bumi Manusia, film ini bercerita tentang dua anak manusia, Minke (Iqbaal Ramadhan) dan Annelies (Mawar De Jongh) yang meramu cinta di atas pentas pergelutan tanah kolonial di awal abad 20. Cinta Minke untuk Annelies, membuatnya mengalami pergulatan batin tak berkesudahan. Minke merupakan seorang pemuda pribumi, Jawa totok. Sementara Annelies, gadis Indo Belanda anak seorang Nyai. 

Bapak Minke yang baru saja diangkat jadi Bupati, tak pernah setuju Minke dekat dengan keluarga Nyai, sebab posisi Nyai pada masa itu dianggap sama rendah dengan binatang peliharaan. Namun Nyai Ontosoroh (Ine Febriyanti), ibunda Annelies, berbeda. Minke mengagumi segala pemikiran dan perjuangannya melawan keangkuhan hegemoni bangsa kolonial.

Bagi Minke, Nyai Ontosoroh adalah cerminan modernisasi yang kala itu sedang memulai geliatnya. Ketika keangkuhan hukum kolonial mencoba merenggut paksa Annelies dari sisi Minke, Nyai Ontosoroh pula yang meletupkan semangat agar Minke terus maju dan memekikkan satu kata, "Lawan!"


Photo Source: @falconpictures_

Film berdurasi tiga jam ini berhasil menuai banyak ulasan positif. Bumi Manusia memang patut ditonton untuk setidaknya mengetahui betapa peliknya kehidupan di masa penjajahan dulu dengan kehidupan sosial yang begitu timpang.

2. Perburuan
Enam bulan setelah kegagalan PETA melawan Nippon, Hardo (Adipati Dolken) kembali ke kampung halamannya di Blora. Kehadirannya segera tercium oleh Nippon, Hardo pun mulai dilacak dan dikejar.

Dalam sebuah pengejaran selama satu hari dan malam menjelang proklamasi kemerdekaan, sebuah drama perjuangan terungkap. Pengkhianatan ayah tunangan Hardo, berbanding dengan penghianatan sahabatnya Karmin; perlawanan Dipo dan Kartiman berbanding dengan perlawanan Hardo; kekejaman perang dan ego sang penjajah, seorang Shidokan Nippon berbanding dengan keterpurukan korban perang seorang ayah Hardo dan Ningsih, tumpuan harapan Ibu pertiwi.

Diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer, Perburuan mengajak kita kembali ke akar-akar perjuangan bangsa dan mempertanyakan kembali makna kemerdekaan bangsa dan kebebasan individu.

 

Sumber foto atas: Instagram @falconpictures_

3. Dora and The Lost City of Gold
Masih ingat dengan petualangan seorang anak perempuan berambut pendek bernama Dora yang selalu mengenakan tas di punggungnya dan membawa peta ke mana-mana? Kali ini ia hadir kembali namun dengan tampilan yang berbeda, yaitu film live-action Dora and the Lost City of Gold yang disutradarai oleh James Bobin.


Photo Source: 
@isabelamoner

Diperankan Isabela Moner, di film ini Dora diceritakan sudah beranjak remaja. Ia memulai kehidupan baru sebagai anak sekolah. Namun, kedua orangtuanya yang diperankan oleh Eva Longoria dan Michael Pena tiba-tiba menghilang setelah menceritakan misi baru mereka tentang sebuah kota emas.Kejadian ini akhirnya membawa Dora kembali memasuki dunia petualangan yang seru di alam bebas.

Dora kembali mengajak sahabatnya seekor monyet bernama Boots (Danny Trejo sebagai pengisi suara) dan Diego (Jeffrey Wahlberg). Namun, kali ini ada remaja lain yang ikut serta bersama mereka dan membuat Dora and the Lost City of Gold lebih ceria.

4. The Angry Birds Movie 2
The Angry Birds Movie 2 masih melanjutkan film pertamanya. Namun, di film keduanya ini, ada musuh bersama yang lebih kuat. Para burung-burung yang tadinya bermusuhan pun akhirnya saling bekerja sama untuk kepantingan bersama, dan tentunya keselamatan dunia. Para pengisi suara di film animasi ini antara lain Jason Sudeikis (Red), Josh Gad (Chuck), Leslie Jones (Zeta), Bill Hader (King Mudbeard), Rachel Bloom (Silver), Awkwafina (Courtney), Sterling K. Brown (Garry), Tiffany Haddish (Debbie), Peter Dinklage (Mighty Eagle) dan masih banyak lagi.


Photo Source:
 @angrybirdsmovie

5. Scary Stories to Tell in The Dark
Film ini bercerita tentang sebuah kota kecil dengan sekelompok remaja yang saling berteman menantang diri mereka untuk masuk ke sebuah rumah besar tak berpenghuni yang menurut warga setempat angker. Di dalam rumah tersebut, mereka menemukan sebuah buku catatan yang nantinya menghantui mereka di kehidupan nyata. Mereka akan diteror oleh kisah-kisah dan hantu-hantu persis seperti apa yang tertulis di dalam buku tersebut.

 
Photo Source: @zoecolletti

Film berdurasi 120 menit ini diperankan oleh Zoe Margaret Colletti (Stella), Gabriel Rush (Auggie), Austin Zajur (Chuck), Michael Garza (Ramon), Natalie Ganzhorn (Ruth), dan Austin Abrams (Tommy). Sebelum menyutradarai Scary Stories to Tell in the Dark, André Øvredal merupakan sutradara film Trollhunter (2011) dan The Autopsy of Jane Doe (2016). Kedua film tersebut berhasil mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration