< Technology

5 Fitur Google Maps yang Dapat Memudahkan Aktivitas

5 Fitur Google Maps yang Dapat Memudahkan Aktivitas

Technology

Layanan peta digital seolah sudah menjadi teman sehari-hari bagi masyarakat modern, salah satunya adalah Google Maps.

Google Maps sendiri terus berinovasi dengan memperkaya fitur dan fungsinya demi memudahkan aktivitas para penggunanya. Berikut beberapa fitur Google Maps yang cukup bermanfaat yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Membuat dan Membagi Daftar Tempat Favorit
Pengguna bisa menyimpan semua tempat yang disukai seperti tempat wisata, kafe, bar, dan sebagainya.

Sebagai contoh, Anda memiliki beberapa kedai kopi favorit, buat daftarnya dengan nama, “kedai kopi terbaik di Jakarta Barat”. Caranya, tekan ikon tiga garis, lalu pilih menu, “Your Place”.

Geser ke kanan untuk masuk ke opsi, “Saved”, lalu pilih ikon tambah (+) di sisi kanan bawah. Tuliskan nama “kedai kopi terbaik di Jakarta Barat” beserta penjelasannya. 

Simpan daftar itu lalu letakkan (drop) pin pada beberapa lokasi kedai kopi di Jakarta Barat yang dianggap terbaik. Daftar itu bisa dibagikan ke orang lain dengan memilih menu, “Sharing Options”.

2. Dapatkan Informasi Jadwal Kedatangan TransJakarta Real Time
Google Maps menyediakan informasi jadwal kedatangann bus TransJakarta secara real time. Dengan begitu, tak ada lagi cerita ketinggalan atau menunggu bus terlalu lama.

Bagaimana caranya? Pertama, buka aplikasi Google Maps di ponsel pintar Anda. Lalu, masukan lokasi tujuan dan klik tombol biru di kanan bawah layar. Setelah itu, pilih ikon “Transit” (bergambar kereta) untuk melihat waktu tiba, nomor koridor bus, rute dan informasi lain yang Anda butuhkan.

3. Pencarian Mode Luring (Offline)

Google Maps memberikan kemudahan jika kebetulan Anda berada di tempat dengan sinyal internet yang buruk. Anda bisa tetap melakukan pencarian secara luring dengan cara mengunduhnya terlebih dulu.

4. Peta Dalam Ruangan
Tak hanya di luar ruangan, Anda juga bisa memanfaatkan Google Maps di dalam ruangan. Beberapa tempat yang sudah menggunakan layanan Indoor Maps di Jakarta antara lain, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town, dan Museum Nasional Indonesia.

5. Dapat Merekomendasikan Tempat untuk Dikunjungi
Google Maps juga dapat memberikan rekomendasi tempat untuk Anda kunjungi, seperti tempat makan murah atau kafe terbaik. Anda juga dapat mengetahui daftar tempat-tempat penting, seperti ATM dan SPBU terdekat. Selamat mencoba!