< FYI

5 Hal Menyenangkan di Balik Sarapan Overnight Oats

5 Hal Menyenangkan di Balik Sarapan Overnight Oats

FYI

Overnight oats atau oats yang direndam dan dimasukkan ke dalam kulkas selama semalam menjadi menu sarapan yang mulai populer di Indonesia. Apalagi bagi penggiat diet makanan sehat. Nah, bagi Anda yang sedang diet ataupun tidak, overnight oats dengan kreasi rasa yang bisa disesuaikan dengan selera Anda ini bisa menjadi pilihan menu sarapan yang menyenangkan, lho. Ditambah dengan segala hal positif di baliknya. Apa saja? Simak di bawah ini!

1. Mudah Dicerna
Merendam oats Anda selama semalam dalam susu ataupun yogurt bisa memecah pati dalam oats yang bisa meningkatkan fungsi sistem pencernaan Anda. Dan hal ini akan beda hasilnya dibandingkan Anda hanya memasaknya dalam waktu singkat seperti biasa. Merendam oats juga mengurangi asam fitat yang ada di tiap jenis padi-padian, yang bisa menghambat penyerapan mineral dalam tubuh seperti kalsium, magnesium, dan zat besi.

2. Kaya akan Resistant Starch
Resistant starch atau pati resisten adalah pati yang tidak bisa tercerna dalam usus halus dan langsung masuk ke usus besar. Pati yang satu ini termasuk dalam kategori serat pangan dan mempunyai beberapa sifat ‘ajaib’, lho. Seperti memberi rasa kenyang, mencegah kanker usus besar, menurunkan gejala penyakit diare, membantu penyerapan mineral, dan menghambat penumpukan lemak. Perlu dicatat juga nih, kalau semakin lama Anda merendam oats di suhu dingin maka pembentukan resistant starch dalam oats ini akan semakin meningkat juga.

3. Menghemat Waktu
Membuat overnight oats hanya akan menyita waktu Anda selama 2 menit di malam hari untuk memasukkan dan mencampur semua bahan ke dalam jar. Hal ini juga bisa menghemat 10 menit waktu Anda di pagi hari kalau dibandingkan dengan cara menyiapkan sarapan pada umumnya. Karena mostly, proses ‘pemasakan’ menu sarapan ini dilakukan oleh kulkas Anda selagi Anda menikmati tidur malam!

4. Rasa yang Kreatif dan Inovatif Sesuka Anda
Ingin ditambahkan dengan buah-buahan segar, yogurt, bubuk kopi, bubuk cokelat, ataupun selai kacang? Semua tergantung selera dan kebutuhan Anda! Untuk Anda yang niat diet menurunkan berat badan, tentunya perlu mempertimbangkan topping tambahan yang rendah lemak, ya? Anda bisa mengikuti resep overnight oats yang sudah banyak beredar di internet ataupun berinovasi sekreatif mungkin. Anda juga bisa membuat buku kreasi resep sarapan sendiri, nih.

5. Serasa Makan Hidangan Pencuci Mulut!
Yup, dengan mouthfeel-nya yang dingin dan rasa manis, menu sarapan yang satu ini jadi serasa hidangan pencuci mulut yang fun di samping menyehatkan. Anda juga bisa lebih bersemangat untuk bangun pagi karena tak sabar untuk menikmati sarapan sehat dan segar di pagi hari. Setuju?