< Marketing

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Digital Marketing

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Digital Marketing

Marketing

Digital marketing merupakan teknik pemasaran yang sedang naik daun di era perkembangan teknologi ini. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui pasti apa itu digital marketing, bahkan para marketers sendiri masih bingung tentang teknik pemasaran yang satu ini. Berikut 5 hal yang perlu diketahui tentang digital marketing!

1. Tidak Gratis
Memang untuk membuka sebuah website sebuah profil perusahaan tidak membutuhkan biaya. Namun, dibutuhkan usaha, waktu, dan juga biaya untuk membangun sebuah “brand” dalam dunia digital. Teknik marketing sendiri dilakukan untuk memperkenalkan brand dan juga mempengaruhi para customer. Karena itulah teknik digital marketing sendiri membutuhkan biaya tersendiri dan yang pasti tidak gratis. 

2. Bukan Soal Followers Banyak
Bila Anda hanya ingin menambah followers pada media sosial Anda, bukan berarti Anda telah melakukan teknik digital marketing. Karena digital marketing sendiri bukan hanya soal sekedar menambah followers, melainkan memperkenalkan brand Anda melalui dunia digital. Banyak strategi sosial lainnya yang bisa dimanfaatkan selain hanya menambah followers.  

3. Tidak Hanya untuk Media Sosial
Media sosial bisa saja hilang seiring perkembangan waktu dan traffic media itu sendiri, karena itu jangan terlalu fokus untuk melakukan digital marketing pada media sosial Anda saja. Berpikirlah untuk melakukan digital marketing pada ekosistem digital, misalnya search engine marketing (SEM), serta e-mail dan mobile marketing.  

Photo source: http://www.flickr.com

4. Tidak Selalu Harus ada Di Semua Tempat
Dalam digital marketing Anda tidak harus berada di semua platform, yang paling penting Anda tahu di mana target market Anda berada. Misalnya Facebook, berarti Anda harus memperkuat digital marketing pada akun Facebook bisnis Anda. Namun bila Anda terlanjur berada di semua platform, jangan pernah diam. Karena ketika audiens melihat akun Anda yang tidak ter-update, audiens akan kehilangan ketertarikan pada brand Anda. 

5. Traditional Marketing Masih Diperlukan
Masuknya dunia digital marketing, bukan berarti traditional marketing boleh dilupakan. Karena masih ada bisnis dengan bentuk B2C (Business to Consumer) yang dinilai lebih efektif menggunakan marketing melalui radio dan media cetak. Karena marketing sendiri adalah tentang memperlihatkan diri pada konsumen Anda. Mungkin, saat ini memang traditional marketing sudah mulai berintegrasi dengan digital marketing. Seperti misalnya iklan di media cetak yang mencantumkan QR codes untuk melihat promo lengkapnya. Namun, bukan berarti Anda harus meninggalkan traditional marketing saat memulai digital marketing.