< FYI

5 Hal yang Dilakukan Orang Terorganisir

5 Hal yang Dilakukan Orang Terorganisir

FYI

Menurut beberapa ahli, orang terorganisir identik dengan sifat perfeksionis. Meski begitu, sikap ini akan membuat Anda lebih teratur dalam menjalani aktivitas apa pun. Semua orang bisa melakukannya dengan cara menerapkan setidaknya 5 kebiasaan sederhana ini agar lebih teratur.

1. Memiliki Goal

Memiliki goal (tujuan) merupakan hal penting sebelum melakukan sebuah pekerjaan. Banyak orang tidak menyadari bahwa goal tersebut tertanam di alam bawah sadar. Jika Anda sudah memahami goal tersebut, tentu akan lebih mudah fokus pada prioritas yang ingin dicapai dengan melakukan tindakan yang tepat.

2. Penuh Persiapan

Bekerja merupakan kebutuhan, oleh sebab itu harus diimbangi dengan berbagai macam persiapan, baik mental maupun fisik. Menjaga semangat untuk menghadapi banyak pekerjaan tentu bukan perkara mudah. Mulai dengan datang tepat waktu, pagi hari merupakan waktu di mana banyak orang menjadi lebih produktif dan kreatif. Sebelum bergulat dengan pekerjaan, tidak ada salahnya bertukar informasi dengan rekan kerja sejenak untuk meningkatkan mood (suasana hati). Di waktu krusial, menjelang sore hari, jaga fokus dengan mengatur nafas.

3. Membuat Jurnal

Terdengar sepele, namun siapa sangka jika cara ini memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga Anda tetap teratur dalam bekerja. Mencatat merupakan cara terbaik untuk menstimulasi otak. Saat menulis, kedua otak bekerja, mengolah banyak hal yang kita lihat dan dengar selama seharian bekerja dan memprosesnya menjadi kalimat-kalimat dalam jurnal yang bisa Anda lihat kapan saja saat dibutuhkan.

4. Memiliki Ritme Kerja yang Tetap

Setiap orang memiliki ritme kerja yang berbeda-beda, namun ada cara sederhana untuk menjaganya agar tetap stabil, yakni menyesuaikan diri. Meski saat ini Anda berada di tempat yang pekerjaannya dilakukan dengan lambat, jangan terbuai. Jika memiliki banyak waktu luang, lakukan inovasi.

5. Tidak Pernah Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang mungkin sulit dihilangkan. Namun, Anda bisa mengubah mindset tersebut dengan cara sederhana, seperti membuat daftar pekerjaan untuk diselesaikan. Jika sudah menentukan prioritas pekerjaan mana yang harus Anda selesaikan, segera mulai, tanamkan dalam pikiran bahwa waktu yang tepat untuk menyelesaikannya adalah sekarang. Sebab, mencicil pekerjaan jauh lebih baik dibanding mengerjakannya menjelang deadline. Hal terakhir yang Anda butuhkan agar tidak menunda pekerjaan adalah konsistensi.