Thursday, June 27, 2019
Tips
Tips

5 Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Mudik via Tol Trans Jawa

Spectr News Theme Isny Dewi R.
23, May 2019
217

Sebanyak 1,9 juta warga Jabodetabek diprediksi akan menggunakan tol Trans Jawa saat mudik lebaran nanti. Pemerintah sendiri telah menyiapkan skema lalu lintas selama arus mudik dan arus balik lebaran 2019 via jalur tol yang memiliki panjang 1.167 km ini. Bagi Anda yang berencana melewati tol ini untuk mudik nanti, berikut hal-hal yang harus Anda tahu terkait tol Trans Jawa.

1. Pemberlakuan Sistem Satu Arah (One Way)
Pemerintah akan menerapkan sistem satu arah atau one way saat arus mudik lebaran nanti, terhitung mulai dari jalur Cikarang Utama KM 29 hingga Brebes Barat KM 262. Penerapan ini berlaku mulai 30 Mei – 2 Juni 2019 selama 24 jam.

Sedangkan untuk arus balik, pemerintah akan menerapkan sistem yang sama di jalan Tol KM 1 hingga KM 29 Palimanan. Sistem satu arah saat musim arus balik ini akan diberlakukan mulai tanggal 8 – 9 Juni 2019 selama 24 jam. Sebagai tambahan, Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 31 Mei 2019, sementara puncak arus balik akan terjadi pada 9 Juni 2019.

2. Pemindahan Gerbang tol Cikarang Utama
Gerbang tol Cikarang Utama kerap menjadi titik kemacetan di jalur tol Trans Jawa terutama saat musim mudik. Oleh karena itu, PT Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT berencana memindahkan gerbang tol tersebut ke KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama dan KM 67 Gerbang Tol Kalihurip Utama.

3. Jangan Bertumpu pada Rest Area
Di tahun-tahun sebelumnya, rest area kerap penuh oleh pemudik yang ingin beristirahat atau sekadar ingin isi ulang bahan bakar. Kepadatan di rest area bahkan hingga meninmbulkan kemacetan di jalan tol. Atas dasar itu lah, Kementerian Perhubungan RI meminta para pemudik untuk tidak bergantung pada rest area yang berada di ruas tol saja, saat mudik Lebaran 2019 nanti. Para pemudik disarankan untuk rela keluar dari tol dan masuk ke area perkotaan untuk mencari tempat beristirahat.

4. Diskon Tarif Tol
Selama musim mudik Lebaran 2019, pemerintah berencana memberlakukan diskon tarif tol. Namun keputusan mengenai berapa diskon yang akan diberikan baru akan dirilis pada sepuluh hari menjelang Lebaran.

5. Ganjil Genap di Pelabuhan Merak – Bakauheni
Pemerintah akan menerapkan sistem ganjil genap untuk kendaraan pribadi yang ingin menyeberang via pelabuhan Merak dan Bakauheni mulai tanggal 30 Mei 2019 pukul 20.00 WIB – 08.00 WIB. Atau saat jam – jam sibuk penyeberangan kapal Merak - Bakauheni. Namun aturan ini hanya bersifat imbauan semata.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration