< FYI

5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Berolahraga

5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Berolahraga

FYI

Berolahraga memang menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Namun, tahukah Anda ada beberapa hal yang harus dihindari setelah berolahraga? Berikut informasinya.

1. Tidak Makan
Sehabis mengeluarkan energi yang banyak, tentu tubuh merasa lemas. Namun, kebanyakan para wanita lebih memilih untuk tidak makan setelah berolahraga. Mereka berpikir, makan akan membuat olahraga yang baru saja dilakukan menjadi sia-sia. Padahal tubuh membutuhkan karbohidrat untuk mengisi kembali energi dalam tubuh setelah berolahraga.

2. Membiarkan Tubuh Dehidrasi
Berolahraga membuat tubuh banyak mengeluarkan keringat. Jangan sampai niat untuk hidup sehat, malah membuat tubuh dehidrasi karena tidak minum setelah berolahraga. Biasakan minum air putih sehabis berolahraga untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

3. Menyentuh Wajah
Jika Anda terbiasa berolahraga di pusat kebugaran, hindari menyentuh wajah dengan tangan setelah berolahraga. Peralatan berolahraga di pusat kebugaran dipakai oleh banyak orang, bukan tak mungkin banyak bakteri yang menempel di peralatan yang Anda gunakan. Biasakan untuk mencuci tangan setelah berolahraga.

4. Bersantai
Lelah berolahraga, memang paling nikmat adalah bersantai. Namun, jangan sampai membiarkan badan Anda berlama-lama memakai baju yang berkeringat. Hal ini akan menyebabkan infeksi jamur pada tubuh. Bukan hanya itu, bersantai terlalu lama setelah berolahraga juga dapat menyebabkan masuk angin.

5. Tidak Melakukan Pendinginan
Sama halnya seperti sebelum berolahraga, Anda diharuskan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu agar otot tidak tegang. Setelah berolahraga pun, Anda diharuskan melakukan pendinginan. Tubuh yang telah banyak mengeluarkan tenaga membutuhkan hal yang dapat menenangkannya. Hal yang dapat dilakukan adalah berjalan santai selama lima menit, dengan begitu tubuh seolah memberikan tanda pada jantung untuk melemaskan otot-otot.