< Marketing

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Bisnis Sudah Online

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Bisnis Sudah Online

Marketing

Banyak orang mulai mengalihkan bisnisnya menuju dunia digital. Karena dunia digital memang memiliki peluang tersendiri sebagai lahan perluasan bisnis. Nah, bagi Anda yang baru saja mengalihkan bisnis ke dunia digital dan masih bingung apa yang harus diperbuat setelah itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Apa saja? Keep reading this article!

1. Bangun Brand
Sebelum menentukan nama brand Anda, sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu secara matang. Karena nama brand yang Anda gunakan di domain situs, media sosial, hingga platform lainnya akan menjadi sebuah identitas yang akan selalu Anda bawa kemanapun.

Penentuan nama brand yang baik menjadi langkah awal untuk membangun kredibilitas brand Anda. Terlebih lagi jika nama brand Anda mengandung filosofi yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, tentunya pelanggan akan memiliki pandangan yang baik terhadap brand Anda. 

2. Perhatikan Konten
Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah konten. Situs dengan konten yang berkualitas akan menonjolkan perbedaan bisnis Anda dengan kompetitor lainnya.

Selain memberikan konten terbaik di situs, Anda juga bisa melakukan penulisan konten melalui media sosial yang salah satunya melalui LinkedIn. Untuk menulis konten terbaik di LinkedIn, Anda bisa membaca selengkapnya di artikel berikut. 

Photo source: http://www.pixabay.com

3. Mencari Pelanggan Melalui Digital
Luasnya dunia digital dan banyaknya saingan membuat Anda harus berusaha lebih ekstra untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Karena bisnis Anda sudah digital, tentu Anda harus mendekati pelanggan dengan cara digital juga. Misalnya saja search engine marketing (SEM), atau yang paling simpel melalui media sosial yang selengkapnya bisa Anda baca di artikel ini dan melalui e-mail marketing yang caranya bisa Anda baca di artikel berikut. 

4. Pemasaran Produk Secara Online
Bila produk Anda merupakan barang yang dijual secara online, beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana bisnis Anda menerima pemesanan, proses pembayaran, serta komunikasi dengan pelanggan.

Tiga hal ini menjadi hal utama yang harus diperhatikan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar. Tidak mau, dong, kalau banyak pelanggan tidak jadi membeli karena bisnis Anda yang sulit dihubungi atau proses pembayaran yang menyusahkan? 

Photo source: http://www.flickr.com

5. Be Ready for the Next Step!
Bila semuanya sudah sudah berhasil Anda lakukan, bersiaplah untuk tantangan selanjutnya yang bisa menghampiri Anda kapanpun dan dalam bentuk apapun. Entah itu persaingan yang semakin ketat, konvergensi bisnis dari yang tradisional ke digital, hingga perencanaan yang lebih matang agar bisnis Anda sukses di dunia digital. Good luck and welcome to digital world!