< FYI

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasuki Usia 20-an

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasuki Usia 20-an

FYI

Banyak orang percaya bahwa usia 20-an merupakan masa krusial dalam hidup. Pasalnya, ada banyak hal penting yang harus diperhatikan dan dilakukan demi masa depan yang lebih baik. Menjadi pengangguran sementara waktu selama mencari pekerjaan, mulai membangun kehidupan sendiri hingga tidak lagi mengandalkan orang tua, merupakan segelintir ‘kejutan’ yang bisa mengubah hidup seseorang di usia 20-an. Agar dapat melewati setiap ‘kejutan’ dengan baik, berikut hal yang wajib Anda perhatikan saat memasuki usia 20-an.

1. Menyisihkan Uang

Sebenarnya, ada banyak strategi yang bisa dilakukan oleh siapapun untuk menyisihkan uang, seperti memanfaatkan fasilitas autodebet dari bank. Setelah menerima gaji, bank secara otomatis menarik sejumlah uang untuk ditabung. Nominal tabungannya tentu disesuaikan dengan kebutuhan bulanan. Biasanya, dapat diketahui setelah membuat perkiraan kebutuhan biaya selama satu bulan, berapa nominal yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari dan sisanya masuk ke dalam rekening tabungan.

2. Mengembangkan Potensi Diri

Setiap orang pasti memiliki potensi dalam dirinya. Meski jumlahnya berbeda antara satu orang dengan yang lain, jangan dianggap sepele. Mengingat, potensi tersebut bermanfaat untuk mengatasi masalah maupun mencapai banyak hal dalam hidup. Jika sudah mengetahui apa yang ingin dicapai dalam hidup, biasanya seseorang akan berupaya untuk mengeluarkan potensi terbaiknya. Yang perlu diingat, tidak ada manusia yang sempurna, berusaha lebih keras untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri Anda.

3. Menemukan Pekerjaan yang Tepat

Ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat. Attitude, skills dan basic language seperti Bahasa Inggris merupakan tiga hal penting yang wajib Anda miliki. Setiap pekerjaan pasti memberikan pengalaman, namun akan jauh lebih menyenangkan jika dapat bekerja sesuai dengan passion. Temukan passion Anda dalam bekerja, sehingga dapat menjalankan pekerjaan dengan hati dan sukses dalam berkarier.

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat sejak dini memiliki banyak manfaat. Pola hidup sehat ternyata tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik saja, namun juga dapat mengurangi tingkat stres. Hidup di kota besar seperti Jakarta tentu bukan perkara mudah. Dengan menerapkan pola hidup sehat, stres yang sering menghampiri Anda akan berkurang sedikit demi sedikit. Pola hidup sehat sendiri dapat dilakukan dengan hal sederhana, seperti sarapan pagi, perbanyak konsumsi air dan buah, melakukan olahraga ringan dan istirahat yang cukup.

5. Menyusun Target

Jika seseorang memiliki target dalam hidup, maka dirinya dapat dengan mudah menjalankan hal-hal yang ingin dicapainya, baik jangka pendek maupun panjang. Misalnya, ingin memiliki pekerjaan tetap, menjadi pengusaha sukses, memiliki rumah dan kendaraan pribadi dan masih banyak lagi. Jika sudah mengetahui target secara spesifik, seseorang tentu menjadi lebih antusias dan bersemangat untuk mencapainya. Jangan lupa konsistensi, apa yang Anda kerjakan harus terus berkembang dan meningkat.