< Business

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ajukan KTA

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ajukan KTA

Business

Apakah saat ini Anda sedang berencana merintis usaha, atau ingin menambah modal untuk menjalankan usaha yang sedang ditekuni? Kalau ya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Bisa dibilang, KTA merupakan sebuah produk pinjaman yang saat ini tengah digandrungi sebagian besar masyarakat, karena memang cenderung cepat cair.

Meskipun KTA dapat membantu Anda merintis usaha atau memperoleh modal tambahan, setidaknya ada lima hal penting yang harus menjadi perhatian Anda sebelum mengajukannya.

1. Bandingkan Bunga dari Beberapa Produk KTA
Untuk mendapatkan biaya bunga cicilan yang paling rendah, sebaiknya Anda membandingkan biaya bunga dari produk KTA yang ditawarkan oleh beberapa bank. Tentunya Anda juga harus memperhatikan, apakah Anda kiranya dapat memenuhi syarat umum dari pengajuan aplikasi KTA di bank tersebut atau tidak.

2. Buat Perencanaan Bisnis
Meskipun Anda tidak memiliki latar belakang keuangan, Anda tetap harus membuat perencanaan bisnis, cukup yang sederhana saja. Ini bertujuan untuk memastikan cicilan KTA dapat dibayar tiap bulan dari omzet bisnis Anda.

Sebagai contoh, dalam perencanaan bisnis Anda pemasukan mencapai Rp 10 juta per bulan dan biaya operasional mencapai Rp 6 juta per bulan, pastikan KTA yang Anda ajukan nanti memiliki cicilan di bawah Rp 4 juta per bulannya.

Dengan demikian, perencanaan bisnis yang baik nantinya akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan tidak dapat membayar cicilan tetap KTA per bulan dan tidak akan menyusahkan Anda nantinya.

3. Baca dengan Teliti dan Penuhi Syarat Aplikasi KTA
Biasanya pengajuan KTA memiliki syarat umum seperti batasan usia, jumlah penghasilan per tahun, tenor waktu cicilan, batas nilai minimal dan maksimal pinjaman, serta hal lainnya. Pastikan agar Anda dapat memenuhi semua syarat umum tersebut sebelum mengisi aplikasi KTA.

Jika ternyata tidak sesuai, Anda bisa mencoba ke bank lain yang menawarkan KTA dengan syarat yang lebih mudah dipenuhi. Jadi, Anda tidak perlu membuang-buang waktu menunggu konfirmasi pihak bank.

4. Pastikan Dana yang Dipinjam Sesuai Kebutuhan
Ini juga penting! Jangan sekadar meminjam dana semaksimal mungkin yang diperbolehkan untuk fasilitas KTA. Hitung dengan baik modal awal yang dibutuhkan dan biaya operasional bulan pertama sebagai dasar jumlah dana yang akan Anda ajukan untuk aplikasi KTA.

Jika Anda mengajukan dana dengan jumlah asal, maka yang ada, Anda justru diharuskan membayar biaya bunga yang lebih tinggi. Itulah salah satu alasannya mengapa Anda harus mempunyai perencanaan bisnis yang matang.

5. Memiliki Tabungan Cadangan
Tak ada yang tahu bagaimana bisnis Anda nantinya saat sudah berjalan. Ada kemungkinan di awal-awal, pemasukan Anda masih minim. Kalau sudah begini, bisa-bisa Anda akan mengalami kesulitan membayar cicilan bulanan KTA.

Mencegah hal itu terjadi, sebaiknya Anda memiliki tabungan cadangan untuk membayar cicilan beberapa bulan pertama KTA sebagai langkah antisipasi. Semoga bermanfaat!