< Tips

5 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Fitness

5 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Fitness

Tips

Fitness merupakan permulaan yang baik untuk masyarakat urban yang ingin menjaga kesehatan tubuh di tengah padatnya aktivitas harian. Layaknya pil ajaib, menurut Michael R. Bracko EdD, olahraga bahkan bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti kanker dan jantung.

Hal tersebut tentu saja dapat diwujudkan jika fitness yang Anda lakukan diimbangi dengan pola makan sehat dan istirahat teratur. Bagaimana dengan pemula yang masih kesulitan membagi waktu dengan segudang aktivitas? Untuk mendapatkan hasil yang optimal, berikut lima hal yang harus diperhatikan oleh pemula saat pertama kali mencoba fitness tanpa didampingi dengan trainer.

1. Perbanyak referensi

Tempat fitness kini menjamur di hampir setiap sudut kota Jakarta. Sebelum mendaftarkan diri jadi member, Anda wajib mengantongi nama tempat fitness yang lokasinya strategis, alatnya lengkap, nyaman dan tentunya sesuai bujet. Jauh lebih baik jika Anda memilih tempat fitness yang lokasinya berdekatan dengan rumah atau kantor sehingga menghemat waktu, tenaga serta biaya transportasi. Di samping itu, pilih tempat fitness yang menawarkan banyak kelas agar tidak bosan.

2. Buat jadwal

Bagi pemula kegiatan fitness menjadi tantangan tersendiri. Rasa bosan yang datang menghampiri merupakan hal yang wajar, untuk itu diperlukan komitmen kuat sebelum melakukan fitness. Komitmen yang kuat diimbangi dengan perencanaan yang matang. Buat jadwal untuk mencapai target yang Anda inginkan. Misalnya, Anda meluangkan waktu tiga kali dalam satu minggu untuk fitness sepulang kerja atau hari libur.

3. Buat target

Setelah menyusun jadwal, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat target. Apakah tujuan fitness Anda untuk menjaga kebugaran semata, mengecilkan perut atau menurunkan berat badan? Dengan memiliki target realistis, Anda dapat melakukan fitness dengan penuh semangat dan serius untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

4. Jangan terpaku pada satu alat

Melakukan hal yang sama setiap harinya tentu dapat membuat Anda mudah bosan. Saat fitness, jangan ragu melakukan aktivitas apapun sesuai dengan target yang ingin Anda capai. Jangan hanya terpaku pada satu alat saja, Anda dapat menggabungkan berbagai alat olahraga yang disediakan. Dengan kata lain, jangan hanya fokus pada salah satu bagian tubuh saja, beri perhatian pada semua bagian tubuh untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Meski demikian, pemula disarankan untuk menggunakan alat yang sederhana terlebih dahulu. Biasakan untuk mencatat riwayat setelah latihan untuk mengontrol aktivitas selama fitness.

5. Atur pola makan

Selama menjalankan aktivitas fitness wajib mengimbanginya dengan pola makan sehat. Contohnya, menghindari makanan mengandung lemak, perbanyak konsumsi makanan mengandung protein tinggi yang dapat memberi tenaga ekstra dan mengganti camilan tidak sehat dengan makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Fitness yang diimbangi dengan pola makan sehat tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, namun juga membentuk massa otot.