< FYI

5 Hal yang Perlu Diketahui Generasi Millenial Tentang Dunia Kerja

5 Hal yang Perlu Diketahui Generasi Millenial Tentang Dunia Kerja

FYI

Generasi millennial yang saat ini sedang bersiap-siap untuk memasuki dunia kerja, tentunya masing-masing memiliki ekspektasi terhadap pekerjaannya. Karena dunia generasi millennial saat ini dikelilingi oleh banyak teknologi canggih, terkadang generasi ini dinilai memiliki perasaan ingin menjadi yang paling hebat termasuk dalam dunia kerja. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui oleh generasi millennial tentang dunia kerja agar tidak menjadi cibiran para senior atau atasan di kantor. Simak di bawah ini!

 

1. Perlu Waktu untuk Naik Jabatan
Setiap orang yang bekerja tentu menginginkan peningkatan dalam kariernya. Namun, para generasi millennial perlu tahu bahwa untuk dapat naik jabatan tidak selalu dalam waktu yang singkat. Kenaikan jabatan diperlukan penilaian terhadap karyawan sesuai dengan kriteria masing-masing perusahaan. Bahkan ada saja seseorang yang sudah bertahun-tahun bekerja di sebuah perusahaan namun tak kunjung mendapatkan kenaikan jabatan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kriteria yang diperlukan perusahaan untuk memberikan kenaikan jabatan pada Anda. Yang terpenting, tetap berikan kontribusi yang baik dan bekerjalah semaksimal mungkin.

 

2. Harus Selalu Menjaga Nama Baik Perusahaan
Apapun yang terjadi, Anda harus selalu menjaga nama baik perusahaan. Walaupun mungkin Anda merasa perusahaan belum mampu memberikan apa yang Anda harapkan baik itu dalam urusan gaji, tunjangan karyawan, atau hal lainnya. Jangan sampai Anda mengeluh dan menjelek-jelekkan perusahaan di sosial media. Hal ini tentu akan berakibat fatal apabila salah satu perwakilan atau bahkan atasan di perusahaan Anda melihatnya, kan? Ingatlah bahwa perusahaan tempat Anda bekerja memberikan Anda upah, bila Anda merasa perusahaan merugikan Anda cobalah untuk membicarakan dengan pihak perusahaan secara baik-baik.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

 

3. Harus Menjadi Pribadi yang Memiliki Integritas
Dalam dunia bekerja, menjadi seseorang yang jujur, loyal, dan memiliki semangat kerja yang tinggi merupakan karakter karyawan yang akan dihargai oleh perusahaan. Ingatlah bahwa menjadi karyawan yang memiliki integritas tinggi adalah yang terpenting. Perasaan kurang dihargai oleh perusahaan dapat menurunkan semangat dan loyalitas seseorang dalam bekerja. Apapun halangan yang sedang Anda hadapi, Anda harus tetap memiliki integritas yang tinggi.

 

4. Sikap Profesional Menjadi yang Utama
Menyambung dari poin sebelumnya, bila Anda memiliki integritas yang tinggi berarti Anda akan menjadi karyawan yang profesional. Apapun masalah yang sedang hadapi, ketika sedang berada di kantor Anda harus tetap bersikap profesional. Sikap profesional dibutuhkan agar Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Perusahaan menghargai karyawan yang profesional. Terkadang perusahaan tidak menghiraukan masalah apa yang sedang Anda hadapi, karena itu sikap profesional sangatlah penting di dunia kerja.


Photo source: http://www.pixabay.com

5. Ketahui Bahwa Waktu Bersosialisasi Bisa Diganggu
Bila sebelum Anda mulai bekerja Anda memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi bersama teman-teman, ketahui bahwa saat bekerja waktu tersebut bisa banyak berkurang. Mungkin saja Anda akan dihadapkan pada waktu lembur yang tidak menentu maupun hal lainnya yang mengharuskan Anda bekerja ekstra waktu. Pintar-pintarlah mengatur waktu antara bekerja dan bersosialisasi. Jangan sampai keperluan pribadi Anda mengganggu waktu bekerja. Bila mengganggu, hal ini bisa mempengaruhi evaluasi Anda sebagai karyawan di kantor.