< Marketing

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bisnis Beralih ke Digital

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bisnis Beralih ke Digital

Marketing

Saat ini hampir semua bidang bersentuhan dengan dunia digital. Sampai-sampai berbagai bisnis pun turut beralih ke dunia digital untuk meningkatkan daya saing dan juga keuntungan. Namun, dunia digital juga rentan terhadap keamanan informasi yang juga menjadi salah satu risikonya.

Apakah Anda berencana untuk mengalihkan bisnis ke dunia digital? Jika ya, ada 5 hal yang perlu diperhatikan demi menjaga keamanan informasi bisnis Anda. Check it out!

1. Kepemimpinan
Hal ini menjadi salah satu area yang harus menjadi fokus Anda saat bisnis beralih ke dunia digital. Aspek-aspek kepemimpinan seperti pengambilan keputusan, penentuan prioritas, pengalokasian dana, penulisan laporan, serta transparansi harus seimbang agar keamanan perusahaan bisa terlindungi dan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. 

Photo source: http://www.pixabay.com

2. Ancaman Lingkungan yang Meningkat
Gangguan bisnis pastinya bisa terjadi kapan pun tanpa terduga. Karena itu, Anda harus meningkatkan respon atas kejadian yang bisa menimpa bisnis Anda tersebut. Persiapkan diri dan solusi pemulihan untuk sistem bisnis Anda apabila ada ancaman lingkungan dalam bentuk cyber crime menyerang bisnis Anda. 

3. Tingkatkan Keamanan pada Kecepatan Bisnis
Dunia digital pastinya bergerak lebih cepat daripada dunia tradisional. Contohnya saja, pada zaman dahulu pesan yang dikirim dengan menggunakan surat bisa sampai dalam waktu berhari-hari. Namun kini, dengan adanya surat elektronik atau e-mail, pesan bisa sampai dalam hitungan detik saja. Karena kecepatan teknologi ini, bahaya yang bisa menyerang bisnis digital Anda pun bisa sampai dalam hitungan detik pula. Tingkatkan kemampuan serta praktik-praktik baru untuk meningkatkan keamanan yang disesuaikan pada kecepatan bisnis Anda. 

Photo source: http://www.pixabay.com

4. Tingkatkan Keamanan di Era yang Baru
Pelanggaran keamanan yang terjadi di dunia digital mendorong berbagai pengguna digital untuk mengubah strategi kemanan. Seperti misalnya aktivitas malware yang saat ini sering terjadi dan dapat disamarkan. Di mana menurut data dari Verizon, ada 25 kejadian malware yang terjadi setiap 5 detik. Karena itu, Anda harus memiliki strategi pencegahan yang juga sempurna agar tidak terserang aktivitas malware tersebut. 

5. Proses dan Budaya Manusia
Karena dunia bisnis digital yang serba cepat, hal ini juga akan berpengaruh terhadap tiap individu yang bersentuhan dengan dunia digital. Karena itu diperlukan juga perubahan perilaku dan keterlibatan tiap individu, baik dari pegawai maupun pelanggan agar keamanan informasi Anda juga bisa terjaga. Selamat datang di dunia digital!