< Tips

5 Hobi yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

5 Hobi yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

Tips

Beberapa orang memandang hobi sebagai sebuah distraksi yang menyita waktu dan boros biaya. Alih-alih melihat dampak negatif tersebut, cobalah untuk memaknai hobi sebagai sesuatu yang bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih produktif. Berikut adalah beberapa hobi yang dapat meningkatkan produktivitas.

1. Hiking
Hiking merupakan kegiatan yang ampuh untuk mengurangi tingkat stres dan rasa cemas. Aktivitas fisik ini juga dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus. Dengan ber-hiking, Anda dapat lebih mudah untuk berkonsentrasi sembari mengapresiasi alam.

2. List-making
Banyak orang mungkin tidak menganggapnya sebagai hobi. List-making adalah menyusun berbagai hal ke dalam sebuah daftar. Hal ini dapat membantu Anda untuk berpikir secara runtut guna menyelesaikan sebuah target.

3. Bermain video games
Aktivitas ini sering dinilai negatif karena cenderung menghabiskan banyak waktu dan menyebabkan adiksi. Meski demikian, berdasarkan penelitian oleh para ahli dari Queen Mary University of London dan University College London, memainkan beberapa jenis video games dapat melatih otak untuk berpikir secara strategis.

4. Mendengarkan musik
Musik selalu dimaknai sebagai sebuah pencapaian dari kreativitas manusia. Mendengarkan musik telah lama diketahui mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas seseorang, Beberapa jenis musik juga memiliki efek penenang sehingga membuat pendengarnya lebih rileks.

5. Bermain golf
Salah satu kelebihan olahraga yang satu ini adalah Anda dapat melakukannya dengan santai. Sebuah permainan golf dapat diselesaikan selama lima jam. Selain dapat membuat kita berinteraksi dengan orang lain dan merasa rileks, golf juga dapat memicu seseorang untuk berkonsentrasi.