Tuesday, November 19, 2019
Guest House
Guest House

5 Hostel Murah dan Strategis di Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
12, September 2019
417

Hotel kapsul atau hostel merupakan pilihan favorit bagi para backpacker. Lain halnya dengan staycation, mereka memilih jenis penginapan ini karena memang hanya membutuhkan tempat untuk tidur saja. Tidak ada kamar yang luas lengkap dengan TV dan kamar mandi pribadi. Space Anda hanya kasur dan biasanya hanya muat untuk satu orang, tapi ada juga yang menawarkan bunk bed berkapasitas dua orang. Namun hal tersebut tentu bukan masalah bagi para backpacker.

Hostel juga cocok untuk business traveler yang harus pergi ke suatu tempat untuk menyelesaikan pekerjaan selama beberapa hari. Baik backpacker maupun business traveler, mereka sama-sama tidak terlalu mementingkan banyak fasilitas dalam memilih tempat untuk menginap. Yang terpenting adalah mereka bisa tidur, mandi, dan mungkin sarapan.

Meski begitu, bukan berarti mereka tak memedulikan kenyamanan. Kini, bukan hal yang sulit mencari hostel yang menawarkan kenyamanan dengan tarif murah dan berada di lokasi strategis. Bahkan di Jakarta pun ada banyak pilihannya. Apa saja hostel-hostel tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Whiz Capsule Hotel Thamrin


Photo Source: Instagram @whizcapsulethamrin.jakarta

Hotel kapsul milik Intiwhiz Hospitality Management ini terletak di Jalan Teluk Betung Nomor 43, sangat dekat dengan pusat perbelanjaan Grand Indonesia dan hanya berjarak sekitar lima menit jalan kaki dari Bundaran Hotel Indonesia. Whiz Capsule Hotel Thamrin menyediakan sekitar 50 kapsul lebih dengan tarif menginap mulai Rp 135.000 per malam.

Masing-masing kapsul berukuran 2 x 1,2 m2 dengan desain bergaya modern. Di dalamnya telah dilengkapi AC, kasur, bantal dan linen berkualitas tinggi untuk memastikan Anda tidur nyenyak. Tak ketinggalan, ada juga LCD TV dengan berbagai saluran, Wi-Fi, dan meja laptop di dalam kapsul.

Tiap tamu di hostel ini juga mendapatkan akses kamar mandi bersama, loker pribadi, hingga hair dryer. Kamar mandi di Whiz Capsule Hotel Thamrin dilengkapi rain shower kuat dengan handuk berkualitas tinggi dan perlengkapan mandi higienis. Menarik sekali, bukan?

Whiz Capsule Hotel Thamrin
Instagram: @whizcapsulethamrin.jakarta
Website: www.whizcapsule.com/thamrin
Alamat: Jl Teluk Betung no. 43, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat
No. Telp: 021-21232309
Email: reservation.thamrin-jakarta@capsule.com

2. Jakpod Hotel Kapsul


Photo Source: Instagram @jakpodhotel

Hotel kapsul di Jakarta Pusat ini bisa Anda temukan di Jalan Plaju No. 16, kawasan Thamrin, dekat Stasiun BNI City. Jakpod Hotel menyediakan 76 kamar kapsul yang terdiri dari 22 kapsul untuk wanita dan 54 untuk pria, serta satu kamar suite atau private room. Tak hanya itu, ada juga dua kapsul berukuran jumbo, Capsule Female Double khusus untuk dua wanita Penginapan ini juga dilengkapi 17 bilik shower dan 12 toilet. Tarif menginap per malam di Jakpod Hotel mulai dari Rp 150 ribuan.

Kualitas kapsul di hotel ini juga tak perlu diragukan lagi. Memiliki dimensi 2x1 meter, tiap kapsul terbuat dari plastik ABS yaitu bahan yang sama dengan kabin pesawat. Di Jakpod Hotel, para tamu akan merasakan konsep spaceship di mana dalam kapsul tersebut telah dilengkapi matras terbaik, selimut, TV, charging port, headset, WiFi gratis, dan lampu futuristik yang dapat dikontrol dengan sistem sentuh, serta loker untuk menyimpan barang. Hotel ini juga memiliki spot yang Instagramable berupa coretan mural yang terpampang di dinding.

Jakpod Hotel Kapsul
Website: jakpodhotel.com
Instagram: @jakpodhotel
Alamat: Jl. Plaju No.16, Kb. Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat
No. Telp: 021 314 4529 / 0812 9101 9967
Email: info-jakpodhotel@capsuleindonesia.com

3. INAP at Capsule


Photo Source: Instagram @inapatcapsule

Penginapan ini berada di kawasan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. INAP at Capsule mengusung konsep kekinian yang sangat cocok untuk para milenial. Hostel murah di Jakarta Pusat ini dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat menambah kenyamanan menginap Anda, di antaranya dapur bersama, living room dengan bean bag dan sofa, WiFi, hingga mini sport center. Tiap kamar kapsulnya memiliki suasana yang menyenangkan dengan adanya full wallpaper bernuansa alam.

INAP at Capsule juga ramah terhadap fasilitas publik, karena hanya berjarak 160 meter dari Stasiun Sudirman Baru dan Halte Transjakarta Dukuh Atas 1, sangat mudah mengunjungi berbagai tempat rekreasi seperti Monas, Senayan, hingga Kota Tua. Atau mall-mall populer di Jakarta seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, dan masih banyak lagi. Soal tarif, dijamin Anda menyukainya. Karena tarif menginap di hotel kapsul ini dipatok mulai dari Rp 100.000-an saja.

INAP at Capsule
Instagram: @inapatcapsule
Alamat: Jl. Martapura No.14, Kb. Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat
No. Telp: 021 3103818

4. Wonderloft Hostel
Wonderloft Hostel berada di lokasi yang strategis. Kawasan wisata bersejarah Kota Tua bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki dalam waktu singkat saja. Halte TransJakarta Kota pun hanya berjarak 300 meter dari hostel murah di Kota Tua ini.

Wonderloft juga menyediakan fasilitas WiFi gratis, loker besar untuk menyimpan barang-barang bawaan, pool table, meja ping pong, dapur bersama, beberapa komputer yang siap dipakai, ruang berkumpul, hingga sarapan gratis.


Photo Source: Instagram @wonderlofthostel

Lalu bagaimana dengan kamarnya? Hostel di Jakarta Barat ini menawarkan tempat tidur susun yang terbagi menjadi dua, kamar campuran, dan kamar khusus wanita. Ada juga jenis kamar lainnya, yaitu bunkbed dorm dengan 4-bed dorm, Deluxe Twin Room dengan kamar mandi bersama, Deluxe Twin Room dengan kamar mandi ensuite, dan Small Twin Room dengan kamar mandi bersama. Meski sederhana, tapi kenyamanan, dan desainnya tidak dapat Anda remehkan. Tiap tempat tidur juga telah dilengkapi loker dan lampu baca.

Bagaimana dengan harganya? Tenang! Menginap di Wonderloft Hostel dijamin tidak akan menguras isi dompet, karena per malamnya Anda hanya harus membayar mulai dari Rp 95.000,- saja. Wow! Benar-benar idamannya para backpacker, nih!

Wonderloft Hostel
Website: wonderloft.id
Instagram: @wonderlofthostel
Alamat: Jl. Bank No.6, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat
No. Telp: 021 26072218

5. Nomad Hostel
Hostel ini memiliki desain trendi, membuktikan bahwa bepergian dengan bujet terbatas bukan berarti Anda tidak menginap di tempat yang berkualitas. Setidaknya itu lah yang dibuktikan oleh Nomad Hostel. Seperti yang kita tahu, kawasan Kemang di Jakarta Selatan merupakan area yang populer bagi kalangan ekspatriat. Hostel di Kemang ini berada cukup dekat dengan berbagai pusat hiburan seperti kafe, pusat perbelanjaan, bar, dan restoran, semua itu bisa dijangkau cukup dengan berjalan kaki.

Berbeda dari kebanyakan hotel bisnis di kawasan ini, Nomad Hostel yang dirancang penuh warna ini layak mendapatkan tempat di feed Instagram Anda. Salah satu area menarik di hostel Kemang ini adalah area umum bersama di mana Anda dapat berinteraksi dengan tamu lainnya. Common Space ini dilengkapi dengan area tempat duduk yang nyaman, tenis meja dan biliar. Ada juga kedai kopi yang dilengkapi area indoor dan outdoor, bersama dengan kursi mini bar.

The NOMAD Hostel Kemang by Archipelago International hadir dengan 192 kamar kapsul yang dibagi menjadi empat tipe kamar, kamar dengan 10 Pods, 14 Pods, 16 Pods dan 20 Pods. Kamar-kamar tersebut dipisahkan untuk tamu pria dan wanita, namun ada juga kamar campuran. Hostel ini dilengkapi dengan beberapa kamar mandi bersama yang luas, kolam renang dan jasa binatu menggunakan koin. Tarif menginap per malam di hostel ini mulai dari Rp 130.000-an.

Nomad Hostel
Website: www.nomadhostels.com
Alamat: Jalan Kemang Barat No.8, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
No. Telp: (021) 22716458

 

Top Photo Source: Instagram @nomadkemang

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration