Saturday, September 21, 2019
Technology
Technology

5 HP Jadul yang Sempat Populer pada Masanya

Spectr News Theme Isny Dewi R.
17, June 2019
694

Hampir semua orang kini menggunakan ponsel pintar dengan layar touchscreen, kamera canggih, hingga memori penyimpanan yang sangat besar. Mari sejenak kita menengok ke belakang, di mana sebagian besar orang menggunakan ponsel dengan keypad, layar kecil, dan memori yang tidak terlalu besar. Meski begitu, ponsel-ponsel lawas tersebut pernah menjadi primadona di masanya. Apa saja kah ponsel tersebut? Ini dia ulasannya!

1. Nokia 6600
Ini lah HP sejuta umat di masanya. Nokia 6600 sangat populer sekitar tahun 2004 – 2008. HP ini memiliki bentuk yang unik, melebar di bagian tengah dengan beberapa tombol di sisi kiri dan kanan HP. Nokia 6600 pertama kali rilis tahun 2003 dengan harga Rp 5 jutaan. HP ini kemudian sangat digilai karena tergolong memiliki banyak fitur canggih pada zamannya, seperti sistem operasi, kamera, card slot, Bluetooth, dan masih banyak lagi. Saat ini masih ada beberapa penjual HP yang menjual versi bekas Nokia 6600 dengan harga sekitar Rp 150.000.


Photo Source: https://www.gsmarena.com

2. Sony Erricson W800
HP jadul satu ini merupakan varian pertama dari seri Walkman besutan Sony Ericsson. Dengan tombol Walkman yang dapat langsung membuka aplikasi pemutar musik, W800 benar-benar dirancang untuk memuaskan hasrat para pecinta musik. Tak hanya ‘jagoan’ untuk urusan musik, ponsel keluaran tahun 2005 ini juga telah dibekali kamera 2 Megapixel yang cukup mumpuni di eranya. Untuk mengukuhkan posisi sebagai ponsel multimedia, Sony Erricson W800 menjadi pelopor HP yang memiliki fitur equalizer hingga lima pengaturan.


Photo Source: https://www.phonemore.com

3. Nokia N-Gage
Sama seperti 6600, HP favorit di tahun 2000-an ini juga dirilis tahun 2003. HP ini ditujukan untuk anak muda yang suka bermain game. Maka tak heran jika bentuknya menyerupai  Gameboy dengan banyak permainan di dalamnya yang membuatnya segera laris manis di kalangan anak muda.


Photo Source: wikipedia

4. Motorola RAZR V3
Motorola RAZR V3 menjadi HP elegan di masanya dengan model premium dan futuristik dibalut bodi aluminium dan kaca. HP ini pertama kali rilis pada tahun 2004 dengan harga sekitar Rp 8,9 juta. Menawarkan desain lipat dan bodi tipis, Motorola RAZR V3 terlihat sangat mewah di eranya.


Photo Source: https://www.androidauthority.com

5. Nokia 3310
Ya, Nokia memang sangat berjaya di tahun 2000-an. Banyak ponsel buatannya yang laris manis di Indonesia. Salah satunya adalah Nokia 3310. Bentuk ponsel satu ini sangat ikonik dengan layar monokrom mungil yang legendaris. Tak hanya itu, bentuknya yang kokoh dan pas di genggaman juga menjadi alasan mengapa ponsel ini sangat disukai.

Nokia 3310 pertama kali rilis pada tahun 2000, di mana pada saat itu mulai banyak orang Indonesia yang menggunakan HP. Nokia sempat membuat ulang 3310 dengan teknologi lebih canggih dan desain yang berbeda pada tahun 2017.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration