< Business

5 Ide Bisnis Menguntungkan untuk Pecinta Hewan

5 Ide Bisnis Menguntungkan untuk Pecinta Hewan

Business

Sebagian orang menganggap binatang peliharaan seperti keluarganya sendiri. Hewan seperti anjing, kucing, burung dipilih banyak orang untuk dipelihara. Bukan tanpa sebab, hewan-hewan tersebut dipilih karena selain bisa dijadikan hewan peliharaan juga bisa dijadikan sahabat. Bagi Anda yang kebetulan suka dengan hewan, ide bisnis menguntungkan di bawah ini bisa dicoba untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

1. Grooming

photo source: pixabay.com

Keahlian utama untuk memulai bisnis satu ini adalah kemampuan dasar dan keterampilan merawat hewan. Kursus grooming hewan pun menjamur, umumnya mereka menawarkan pelatihan keterampilan dasar merawat hewan, seperti memandikan, mencukur, memotong kuku, membersihkan telinga, menyikat gigi hingga memotong bulu-bulu kaki.

Selain grooming, Anda juga bisa membuka jasa spa hewan. Minat pemilik hewan agar peliharaannya tidak mudah stres menjadi peluang besar untuk membuka bisnis ini. Sama sepeti manusia, binatang peliharaan juga butuh relaksasi untuk melepaskan penat sekaligus mengembalikan energi agar lebih bersemangat saat bermain dengan pemiliknya.

2. Jual Makanan

photo source: pixabay.com

Hobi meracik makanan untuk binatang peliharaan Anda sendiri? Mengapa tidak mencoba bisnis jual makanan binatang peliharaan. Anda bisa memulainya dengan asupan sehat penuh gizi. Pastikan jika makanan yang Anda racik mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh binatang peliharaan.

Namun, sebelum mencampur beberapa jenis makanan, lakukan konsultasi kepada dokter hewan terlebih dahulu. Sebab, beberapa jenis binatang peliharaan, seperti anjing memiliki alergi pada jenis makanan tertentu.

Umumnya, makanan yang baik ialah 40% daging, 30% sayur dan 30% zat tepung. Misalnya, campuran telur, daging sapi atau ayam, wortel, selada, brokoli, seledri atau kubis dengan nasi, kentang, pasta atau bisa diganti dengan oatmeal.

3. Jual Aksesoris

photo source: pixabay.com

Pemilik binatang peliharaan biasanya juga gemar menambahkan aksesoris khusus seperti kalung (name tag), kostum dan tali. Kostum unik biasanya paling banyak dicari, seperti kostum karakter kartun. Begitu pula dengan kalung dan tali, semakin banyak variasinya, semakin besar peluang Anda untuk menjual banyak aksesoris. Lakukan promosi dari komunitas satu ke komunitas lain atau promosi secara daring melalui Facebook, Instagram dan media sosial lain.

4. Fotografer

photo source: pixabay.com

Jika kebetulan Anda memiliki minat yang besar di dunia fotografi dan senang bercengkrama dengan hewan, bisnis yang satu ini sangat ideal untuk digeluti. Pemilik anjing, kucing, reptil, burung, kuda dan binatang peliharaan lain merupakan potensi besar yang sayang jika dilewatkan begitu saja. 

Baik secara mobile, menyediakan ruang khusus di rumah yang Anda sulap sebagai studio kecil-kecilan atau bekerja sama dengan toko hewan peliharaan, bisnis ini dapat Anda lakukan purna maupun paruh waktu.

Namun, menjadi fotografer fauna merupakan tantangan tersendiri, sebab suasana hati binatang peliharaan tidak mudah ditebak. Kuncinya kesabaran dan ketekunan, dengan begitu Anda dapat menciptakan pengalaman menyenangkan untuk binatang peliharaan dan pemiliknya.

5. Pelatih Anjing

photo source: pixabay.com

Binatang peliharaan, seperti anjing memang perlu dilatih untuk melatih mental, tidak agresif, dapat membuang kotoran pada tempatnya hingga memahami bahasa manusia. Ide bisnis selanjutnya yang bisa Anda geluti adalah jasa melatih anjing. Bagi pemula, disarankan untuk banyak membaca literatur cara melatih anjing. Anda juga bisa belajar secara otodidak melalui YouTube. Jika memiliki bujet dan waktu lebih, Anda bisa mengikuti kursus agar lebih percaya diri.

Jika Anda tertarik untuk menjadikan bisnis satu ini sebagai mata pencaharian, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan profesional untuk menjadi instruktur bersertifikat. Sertifikat yang nantinya Anda dapatkan bukan hanya sebagai alat promosi, namun juga tolak ukur tarif layanan Anda.