< Business

5 Ide Bisnis Menjanjikan Setelah Pensiun

5 Ide Bisnis Menjanjikan Setelah Pensiun

Business

Di usia yang mungkin tidak produktif lagi, ternyata masih ada cara yang dapat dilakukan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Berikut ide bisnis yang menjanjikan meski sudah pensiun.

1. Pertanian, Perkebunan atau Peternakan

photo source: pixabay.com

Bisnis di bidang pertanian, perkebunan atau peternakan memang disenangi sebagian besar orang tua. Mengingat kebutuhan hasil pertanian, perkebunan atau peternakan semakin bertambah setiap harinya, namun tidak diimbangi dengan pertumbuhan produsen.

Lele, ayam kampung, tanamam hias hingga makanan organik dapat dijadikan bisnis menjanjikan di kemudian hari. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, namun keuntungannya tetap menjanjikan.

Misalnya, usaha ternak lele dapat dimulai dengan cara mendapatkan bibit lele melalui perkawinan atau membeli benih. Selanjutnya, sediakan kolam yang terbuat dari terpal plastik. Ketiga, pakan yang digunakan menentukan kualitas. Memberi makannya pun tidak boleh sembarangan, harus teratur, contoh tiga kali sehari. Jangan sampai terlambat karena lele akan berubah menjadi kanibal, memangsa sesamanya.

Pemasarannya pun tidak hanya terpaku pada warung atau pasar, bisa juga dipasarkan melalui media sosial, seperti blog. Jika lokasi rumah cukup strategis (tepi jalan), dilalui banyak kendaraan, Anda juga bisa menjajakannya langsung di halaman rumah dengan menggunakan reklame.

2. Properti

photo source: pixabay.com

Bisnis di bidang properti merupakan pilihan yang dianggap cocok bagi mereka yang memutuskan untuk tidak lagi bekerja, namun tetap bisa menambah pundi-pundi penghasilan. Tidak dapat dipungkiri jika, investasi di bidang properti seperti tidak ada matinya. Nilai jualnya senantiasa meningkat dari tahun ke tahun.

Jika kebetulan Anda memiliki lahan menganggur yang cukup luas di dekat rumah, gunakan lahan tersebut sebagai tempat penitipan kendaraan bermotor. Terutama bagi Anda yang lokasi rumahnya strategis, dekat dengan kampus atau kantor, juga dapat dimanfaatkan sebagai kos-kost-an atau kontrakan.

Jangan lupa promosi untuk menarik calon penyewa. Selain memasang plang di dekat kost atau kontrakan, Anda juga dapat menyebarkan brosur dan tentunya memaksimalkan media sosial.

3. Transportasi

photo source: pixabay.com

Jenis bisnis apa yang tidak membutuhkan banyak waktu namun mendatangkan keuntungan yang berlimpah? Jawabannya adalah bisnis antar jemput anak sekolah. Dengan waktu yang tidak terlalu lama, Anda dapat menambah pundi-pundi penghasilan setelah memutuskan untuk tidak lagi bekerja di kantor.

Selain membagikan brosur, Anda juga dapat menjalin kerjasama dengan pihak sekolah. Tarifnya sendiri bisa disesuaikan dengan jarak. Selain itu, komunikasi dengan anak-anak sangat penting diperhatikan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan pendekatan personal agar anak-anak merasa aman dan nyaman.

Sangat disarankan untuk memilih rute yang sama, atau paling tidak jarak antara rumah dan sekolah anak satu dan lain berdekatan serta searah agar tidak terlalu memakan banyak waktu dan biaya (bensin).

4. Hobi

photo source: pixabay.com

Bisnis apapun yang berhubungan dengan hobi atau minat Anda sebenarnya cukup menjanjikan. Misal, Anda senang berkecimpung di dunia fotografi, mengapa tidak mencoba menambah pundi-pundi penghasilan dari sana?

Niat dan komitmen merupakan dua hal penting yang harus Anda kantongi dalam menjalankan bisnis apapun yang berhubungan dengan hobi atau minat. Jika Anda sudah sedikit banyak paham dengan dunia fotografi namun tidak memiliki perlengkapan yang mumpuni, tidak perlu berkecil hari. Saat ini sudah banyak jasa sewa alat fotografi lengkap dengan harga terjangkau.

5. Kuliner

photo source: smallbusiness.co.uk

Semua orang pasti butuh makan dan minum, itu sebabnya kuliner senantiasa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menambah pundi-pundi penghasilan. Usaha yang cukup menjanjikan ini dapat disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Bahkan, dengan modal kecil yang Anda miliki, Anda masih bisa berkecimpung di dunia kuliner.

Modal kecil yang Anda miliki dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan franchise (waralaba) yang biasanya menawarkan makanan ringan atau minuman yang sedang naik daun. Waralaba sendiri memiliki banyak keuntungan, salah satunya sudah dikenal masyarakat sehingga cenderung lebih mudah dijalani, tanpa harus membangun reputasi bisnis dari awal.

To sum up, apapun jenis bisnis yang akan Anda geluti, butuh kemauan dan kerja keras agar dapat menghasilkan kesuksesan. Selamat mencoba!