< Marketing

5 Jenis Website Yang Paling Banyak Dilihat Orang di Indonesia

5 Jenis Website Yang Paling Banyak Dilihat Orang di Indonesia

Marketing

Saat ini website merupakan cermin dari suatu perusahaan. Tidak sedikit perusahaan maupun perorangan memanfaatkan website sebagai sarana promosi maupun menunjukkan identitas diri. Oleh karena itu, setiap perusahaan maupun perorangan yang hendak membuat website harus tahu betul apa tujuannya membuat website dan mengisi sesuai dengan maksud dan tujuannya. Berikut adalah 5 jenis website yang paling banyak dilihat di Indonesia.

1. Portal Berita dan Informasi
Seiring dengan perkembangan zaman, kini orang-orang sudah mulai beralih ke dunia digital. Berita dan informasi merupakan hal yang selalu dikonsumsi oleh publik. Bisa dikatakan banyak orang akan membaca informasi dan berita terbaru secara online, dimana pun dan kapan pun, khususnya pada waktu senggang. Contohnya saja www.kompas.com, www.detik.com, atau www.okezone.com merupakan portal berita dan informasi yang banyak dibaca masyarakat Indonesia.

2. Toko Online
Toko online (online shop) sering disebut juga dengan istilah e-commerce atau electronic commerce. E-commerce merupakan tipe website yang berisi tentang pemasaran barang, dimana di dalamnya seseorang dapat melakukan proses jual beli barang dan transaksi, serta barang yang dibeli dapat dikirimkan pada pihak pembeli. Saat ini online shop mulai menjamur, mulai dari yang menjual pakaian hingga berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Sebut saja Blibli.com, Lazada, Tokopedia, BukaLapak.com, Zalora, Traveloka, dan Agoda yang mungkin sering Anda lihat saat sedang browsing di internet. Bahkan tak sedikit dari online shop ini yang memasarkan brand-nya melalui iklan di televisi, YouTube, maupun media elektronik lainnya.

3. Forum
Nah, kalau tipe website yang satu ini biasanya berisi mengenai sekumpulan informasi khusus. Forum adalah sarana komunikasi untuk membuat sebuah komunitas. Sebut saja salah satunya Kaskus, website yang satu ini awal mulanya merupakan forum. Sekarang Kaskus merupakan komunitas terbesar di Indonesia. Terbukti, di sini Anda dapat mendapatkan dan juga berbagi mengenai informasi apapun, mulai dari elektronik hingga barang kebutuhan sehari-hari.

4. Blog
Awalnya, banyak orang menggunakan blog pribadi sebagai tempat sebagai tulisan pribadi. Namun sekarang blog juga bisa dijadikan sebagai salah satu portfolio atau promosi diri. Adapun blogger (penulis blog) yang sudah ternama dan membahas tema tertentu dalam blog-nya, seperti Marischka Prudence yang hobi dan mengunjungi destinasi-destinasi menarik. Anda bisa melihat blog-nya di http://marischkaprudence.blogspot.co.id/. Atau Diana Rikasari yang membahas fashion dalam blog-nya, bernama Hot Chocolate & Mint. Bahkan mereka sering dipanggil ke acara untuk menjadi juru bicara dan menjadikan blog mereka sebagai mata pencaharian mereka lho. Wow! Tertarik untuk mengikuti jejak mereka?

5. Company Profile
Bila hendak mendirikan usaha sendiri, Anda wajib membuat company profile perusahaan Anda. Dalam company profile ini biasanya dicantumkan: Siapa Anda, visi dan misi, dan kontak yang bisa dihubungi. Pembuatan company profile ditujukan agar orang memahami bidang yang Anda kerjakan. Selain itu, Anda akan dilihat lebih profesional apabila memiliki jenis website yang satu ini.