Thursday, August 22, 2019
Recreation
Recreation

5 JPO Instagramable di Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
08, May 2019
628

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kini tak hanya sekadar sarana untuk menyeberang. Beberapa JPO di DKI Jakarta dirancang dengan desain artistik, membuat JPO-JPO ini menjadi spot baru untuk para pecinta fotografi atau selfie. Biasanya, kaum milenial menyebutnya sebagai tempat yang Instagrammable. Berikut 5 JPO Instagrammable di Jakarta untuk Anda yang hobi foto-foto.

1. JPO GBK
JPO GBK mulai direvitalisasi sejak 1 November 2018, lalu kembali dibuka dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 28 Februari 2019. JPO tersebut dilengkapi kamera CCTV 24 jam, tong sampah, dan nantinya juga akan dilengkapi lift.

JPO GBK menggunakan ornamen-ornamen berbentuk segi empat berwarna putih yang dipasang secara spiral. Bukan tanpa alasan, cincin segi empat spiral itu merupakan simbolisasi dari gejolak dan semangat bangsa Indonesia untuk terus maju dan berkembang. Sekaligus, representasi dari semangat olahraga yang menjadi ciri khas kawasan Gelora Bung Karno.


Photo Source: Check In Jakarta doc. 

JPO GBK juga menjadi JPO paling favorit bagi warga Jakarta. Hampir tiap akhir pekan JPO ini dipenuhi muda-mudi yang ingin mengabadikan diri mereka dengan latar belakang JPO GBK yang artsy. Saat malam hari, JPO ini semakin cantik dengan warna-warni lampu yang menyala.

2. JPO Bundaran Senayan
Revitalisasi dan peresmian JPO Bundaran Senayan bersamaan dengan JPO GBK dan JPO Polda Metro Jaya. JPO Bundaran Senayan dirancang berbahan kayu komposit dengan landasan datar. Landasan datar ini dimaksudkan agar ramah disabilitas.


Photo Source: @vinferdo 

Saat naik ke arah jembatan utama sepanjang 68 meter, pejalan kaki akan dimanjakan dengan desain jajaran pagar putih dan lampu temaram yang menyala di malam hari. Lorong di jembatan utama inilah yang juga menjadi spot favorit untuk berfoto-foto. Dengan warna kekuningan, pantulan cahaya membuat jembatan ini terlihat semakin artistik saat malam hari. Pejalan kaki pun bisa menikmati pemandangan langit Jakarta dan gedung perkantoran di sekitarnya karena atap JPO dibuat transparan.

3. JPO Polda Metro Jaya
JPO Polda Metro Jaya juga turut direvitalisasi bersamaan dengan JPO Bundaran Senayan dan JPO GBK, namun rampung paling akhir. Desain JPO dibuat lebih menarik menggunakan konsep cincin besi yang seolah-olah melapisi kerangka JPO. JPO Polda juga dilengkapi fasilitas lampu RGB (red, green, blue) yakni sejenis lampu sorot yang dapat memancarkan tiga warna tersebut secara bergantian. Ada 98 titik pemasangan lampu RGB di JPO ini.


Photo Source: @darisarch

4. JPO Dukuh Atas
JPO ini dibangun untuk menghubungkan halte Dukuh Atas sisi timur dan halte Dukuh Atas 2 yang melayani koridor 6 Dukuh Atas - Ragunan dan koridor 4 Pulogadung - Dukuh Atas. Hiasan artistik berbentuk segi enam berwarna putih dan abu-abu membuat JPO ini sedap dipandang, terutama saat malam. Saat lampu JPO dinyalakan, pola-pola segi enam tersebut seolah bersinar menyinari jalan Jend. Sudirman di bawahnya.

JPO Dukuh Atas juga dilengkapi pagar pembatas dari besi berwarna hitam. Selain itu, JPO ini telah dilengkapi atap yang menutup seluruh kerangka jembatan secara sempurna sehingga dapat melindungi pejalan kaki dari terik matahari dan hujan.

5. JPO Sumarno, Penggilingan


Photo Source: 
@ijoeel

JPO Instagrammable satu ini berada di Penggilingan, Jakarta Timur tepatnya di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur. JPO Sumarno sudah mulai dibuka sejak Desember tahun lalu. JPO ini dirancang berbentuk artistik dengan dihiasi lampu yang bisa berganti warna. Lampu warna-warni pada JPO ini akan menyala malam hari dan lebih indah jika dilihat dari kejauhan. Tak hanya itu, JPO Sumarno juga didesain dengan kombinasi gaya modern dan lokal khas Betawi. Selain bentuk yang artistik, JPO tersebut juga dilengkapi lift yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration