< Cafe & Resto

5 Kafe di Bintaro yang Asyik Buat Nongkrong

5 Kafe di Bintaro yang Asyik Buat Nongkrong

Cafe & Resto

Bagi warga Ibu Kota dan sekitarnya, kawasan Bintaro tentu sudah tidak asing lagi. Kawasan ini bisa dibilang merupakan kawasan one stop entertainmet. Apa saja bisa Anda temukan di sini. Mulai dari butik, pet shop, pusat kecantikan, dan tentunya berbagai pilihan kuliner.

Untuk kuliner pun, Anda akan dibuat kewalahan. Mulai dari kaki lima, hingga restoran fine dining turut meramaikan kawasan Bintaro. Namun dari sekian banyaknya pilihan kuliner di kawasan ini, kafe lah yang paling banyak ditemukan di Bintaro. Meski ada banyak pilihan, namun yang paling asyik dan nyaman untuk nongkrong akan Anda dapatkan di tujuh kafe ini.

1. Pigeonhole Coffee
Berada di Jalan Merpati menjadi alasan pemilihan nama Pigeonhole. Berada tepat di sebelah taman bermain, lokasinya pun tak sulit asalkan mata Anda cukup jeli melihat plang kecil bertuliskan “Pigeonhole”.

Memang kafe ini terbilang ‘mungil’ dengan luas hanya 130 m², tapi begitu masuk ke dalam, Anda akan dibuat kagum dengan desainnya. Pintu masuk berwarna kuning berbalut warna putih akan langsung menyambut kedatangan Anda. Meja dan tempat duduk di tata sedemikin rupa sehingga pengunjung dapat menyaksikan langsung para barista yang sedang beraksi di belakang coffee bar-nya yang tak kalah menarik.

Salah satu yang menarik perhatian di sini adalah lantai yang tidak umum digunakan di kafe-kafe masa kini. Jika sebagian besar coffee shop hanya memplester lantainya untuk mendapatkan kesan industrial. Lain halnya dengan Pigeonhole. Kafe di Bintaro ini mengombinasikan ubin tradisional dengan motif bunga berwarna coklat, krem, dan kuning. Seolah Anda merasa sedang berada di rumah tempo dulu.

Photo Source: Check in Jakarta doc

Lebih uniknya lagi, di bagian coffee bar terdapat rak-rak yang ternyata menjadi tempat untuk menyimpan speaker tanpa kabel. Ditambah lampu-lampu kecil yang digantung di atasnya, semakin membuat setiap sudut dari kafe ini menarik untuk diabadikan dengan kamera.

Bagi yang ingin merokok, area merokok Pigeonhole juga tak kalah uniknya. Di bagian ini terdapat beberapa kursi, dan meja yang terbuat dari kayu. Lukisan jendela dan gedung-gedung terlihat menghiasi dinding di area outdoor ini. Peringatan sudah tercantum di pintu masuk bahwa asap rokok dan vape tak diperkenankan masuk ke dalam ruangan untuk menjaga aroma kopi yang mereka sajikan tetap nikmat, dan tentunya menjaga kenyamanan pengunjung di dalam yang tidak menyukai asap rokok.

Tidak heran jika Pigeonhole begitu digila-gilai, selain desainnya yang apik, kopi yang ditawarkan juga jempolan. Bisa dibilang, hampir tidak ada minuman yang tidak enak di sini. Bagi para pecinta kopi, Single Origin Pigeonhole tidak boleh dilewatkan. Namun, bagi yang kurang menyukai kopi yang kuat, Ice Chocolate atau Cappucino pun tak kalah nikmat, Mau mencicipi minuman yang unik? Babycino bisa dijadikan pilihan. Minuman dengan milk-based ini disajikan dengan marshmallow di atas kopi yang dibentuk menyerupai kucing yang menggemaskan.

Website: https://pigeonhole.id
Alamat: Jl Merpati II Blok P2 No. 1 Bintaro Sektor 1, Jl. Bintaro Utara Raya, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan 12320
No. Telp: 0858 9997 1237
Jam Buka: Setiap hari: 08.00-21.00 WIB
E-mail: why@pigeonhole.id
Instagram: @pigeonholecoffee

2. Kopi Manyar
Kafe yang satu ini juga tak kalah hits-nya di kalangan anak muda Jakarta dan sekitarnya. Terletak di dalam perumahan ditambah penanda kecil yang hanya ditempel di jendela membuat Kopi Manyar agak sulit ditemukan. Meski begitu, Anda akan dibuat takjub begitu masuk ke dalamnya.

Dimiliki oleh seorang arsitek, tak heran jika kedai kopi ini memiliki desain interior yang memukau. Kedai kopi ini cocok untuk Anda yang ingin menyeruput secangkir kopi dalam nuansa arsitektur yang artsy.

Kafe ini terdiri dari dua lantai, Di lantai pertama, ada sebuah taman yang berada di tengah-tengah kafe dengan sebuah pohon yang rimbun, dan batu kerikil yang menutupi tanahnya. Di taman ini juga terdapat bangku untuk pengunjung. Area ini sangat pas untuk Anda yang ingin mencari inspirasi atau sekadar ingin menikmati kopi yang baru dipesan.

Masih di lantai satu, terdapat ruang pameran dan ruang meeting yang menggunakan rotating door. Di area tempat duduk yang berada di dekat taman terdapat tangga menuju level di bawahnya berupa ruang duduk dengan suasana yang lebih tenang. Ada juga tangga dengan desain kantilever menuju ke area barista yang ada di lantai 2.

Photo Source: https://www.instagram.com/kopimanyar

Untuk interiornya, Kopi Manyar didominasi warna putih dan furnitur dari kayu yang memberikan kesan elegan namun tetap sederhana. Di dalam ruangan, penerangan menggunakan lampu kuning yang memberikan kesan hangat. Meski tidak begitu luas, suasananya tetap terasa begitu nyaman.

Tak hanya nyaman, di sini Anda juga akan merasa lebih tenang. Apa yang ingin Anda kerjakan atau selesaikan di sini akan lebih fokus. Apalagi jika Anda memilih tempat di bagian dalam yang juga difasilitasi beberapa layar kecil dan sedikit hiasan minimalis. Di beberapa dinding Anda juga akan menemukan sejumlah desain arsitektur maupun sebuah karya seni minimalis yang menarik dan dapat dijadikan bahan obrolan.

Seperti tempat ngopi pada umumnya, berbagai menu kopi tersedia di sini, seperti espresso, cappucino, cafe latte, machiato, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk menu non-coffee, Anda bisa menikmati milkshake, chocolate, cookies and cream, fresh juice, dan yang lainnya. Cappucino di sini sangat direkomendasikan. Pahitnya kopi cukup terasa, tapi tidak menghilangkan esensi penting dari secangkir cappucino.

Menemani sajian minuman, Anda bisa memesan menu makanan yang ditawarkan, seperti kentang goreng, mini cakes, brownies, hingga berbagai pilihan pasta.

Harga yang dibanderol untuk makanan dan minumannya cukup terjangkau, mulai dari Rp 25.000,- hingga Rp 50.000,-.

Tapi di sini Anda tidak bisa bermanja-manjaan dengan mengandalkan pelayan seperti di kafe-kafe lain. Di sini Anda harus terbiasa mandiri, alias self-service. Setelah memesan di kasir, Anda harus mengambil sendiri pesanan di tempat pengambilan yang sudah disediakan. Jika sudah selesai, Anda juga tidak bisa langsung keluar. Anda harus meletakkan gelas dan piring yang sudah Anda gunakan di tray yang telah disediakan.

Secara keseluruhan, Kopi Manyar bukan sembarang tempat ngopi biasa. Kafe di Bintaro ini bagaikan rumah kedua Anda, karena kenyamanannya patut diacungi jempol. Foto-foto di sini juga tak akan mengecewakan. Hasilnya dijamin Instagramable!

Alamat: Jl. Bintaro Tengah Raya Blok O2 No. 14, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan 12330
No. Telp: 021-7353932
Jam buka: Selasa-Jumat: 08.00-21.00 WIB, Sabtu-Minggu: 08.00-22.00 WIB
E-mail: infokopimanyar@gmail.com
Instagram: @kopimanyar

3. Routine Coffee & Eatery
Kafe yang sudah buka sejak Agustus 2015 ini lokasinya berada di komplek ruko tepat di seberang Gedung Griya CIMB Niaga.

Photo Source: https://www.instagram.com/routinecoffeeneatery

Dari area parkir Anda hanya perlu berjalan ke arah depan ke bangunan komplek ruko, di bagian pojok belakang Anda tinggal mencari deretan tangga yang ditutup pengaman besi berwana hitam, tangga itu hanya digunakan untuk masuk ke Routine Coffee & Eatery, sehingga Anda tidak akan salah masuk.

Tempatnya sangat nyaman untuk nongkrong maupun mengerjakan tugas, walaupun terletak di pinggir jalan utama Bintaro Jaya. Interiornya menggunakan meja kursi yang berkonsep minimalis, namun tidak menghilangkan kesan artistik. Di salah satu dinding yang menggunakan bata ekspos yang dicat putih, terdapat mural besar berwarna merah hitam coklat. Bagi perokok tersedia ruangan khusus yang dibatasi dengan kaca.

Sesuai dengan namanya, tempat nongkrong ini tentunya menawarkan berbagai menu kopi. Caramel Latte di sini patut di coba jika Anda tidak menyukai kopi yang terlalu kuat. Menu-menu utama Routine Coffee & Eatery juga tak kalah menggoda. Berbagai menu makanan khas Indonesia dan Western cocok untuk menemani sajian kopi Anda. Salah satu menu andalannya adalah Nasi Goreng Kecombrang. Bagi Anda yang ingin menyantap makanan yang cukup sulit ditemukan di tempat lain, Nasi Goreng Kecombrang ini merupakan pilihan yang pas. Rasa kecombrangnya tidak menyengat, namun tetap menyisakan aroma khasnya. Dengan tambahan telur mata sapi, dua tusuk sate kulit, serta irisan timun dan kerupuk besar, seporsi Nasi Goreng Kecombrang ini cukup mengenyangkan, cocok sebagai menu pembuka acara nongkrong Anda.

Website: http://www.rou-tine.com
Alamat: Jl. KH. Wahid Hasyim FG14 No. 42, Bintaro, Pd. Jaya, Pd. Aren, Tangerang Selatan 15222
No. Telp: (021)-74870084
Jam buka: Senin-Kamis: 08.00-23.00 WIB, Jumat-Minggu: 08.00-24.00 WIB
Instagram: @routinecoffeeneatery

4. Brownstones
Hadir dengan konsep homey dengan interior modern minimalis, Anda akan menemukan beberapa spot yang Instagrammable, di sini. Baik di area indoor maupun outdoor-nya. Brownstones juga cocok untuk Anda yang ingin mengerjakan tugas, karena dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi yang cukup kencang dan stop kontak yang mudah dijangkau dari tempat duduk.

Jika Anda datang membawa buah hati, kafe ini sudah melengkapi diri dengan adanya arena bermain anak-anak, sehingga Anda bisa tenang sambil bercengkerama dengan teman-teman.

Menu kopi yang ditawarkan cukup variatif. Selain menu kopi pada umumnya seperti Espresso, Piccolo, dan Cappucino, Anda juga akan menemukan menu Latte Gula Jawa dan Brownstones Duo di sini. Bagi para coffee lovers, kopi Manual Brew-nya layak dicoba.

Photo Source: https://www.instagram.com/brownstonesindonesia

Untuk Anda yang bukan penggemar kopi, Anda bisa mencicipi olahan non-coffee seperti Matcha Latte, Red Velvet Latte, sampai Chai Latte. Teh, jus, dan soft drink juga tersedia.

Hot Coffee Latte (Rp 33.000,-) yang diracik dengan kopi asal Guatemala bisa menjadi pilihan yang tepat. Racikan kopinya yang creamy dengan rasa yang tidak terlalu pahit dan asam. Ini karena, proses roasting yang dipilih sangat seimbang.

Untuk makanannya, mulai dari menu light meals sampai desserts siap menggoyang lidah Anda. Anda bisa mencoba menu pasta-nya seperti Aglio Olio atau Alfredo Fettucinne. Bisa juga memanjakan lidah Anda dengan cita rasa Asia seperti pilihan menu nasi goreng dan mi goreng.

Secangkir latte hangat akan semakin nikmat jika ditemani sajian Oreo Cheese Pie (Rp 36.000,-). Mangkuk pie-nya empuk. Dilapisi remahan biskuit oreo dan krim keju yang lembut. Topping-nya berupa bubuk gula halus dan potongan Oreo. Lembut dan tidak terlalu manis.

Ada juga menu pasta dengan balutan saus pesto yang sayang jika dilewatkan, Spaghetti Sausage Pesto (Rp 43.000,-). Spaghetti yang dimasak dengan tekstur al dente diaduk dengan pesto. Aroma harum segar daun basil yang dihaluskan tercium kuat. Ditambah irisan daging asap yang kenyal dan gurih. Rasa gurih semakin terasa karena adanya topping lelehan keju mozzarella. Gurih, wangi dengan porsi yang pas.

Alamat: Jl. Bintaro Utama Raya 3A Blok DD12 No. 41 Samping STAN, Pd. Karya, Pd. Aren, Tangerang Selatan 15412
No. Telp: 0818 07316079
Jam buka: Setiap hari: 08.00-21.00 WIB
Instagram: @brownstonesindonesia

5. Cozyfield
Kompas Gramedia membuka kafe pertamanya bernama Cozyfield Cafe yang berada di Gramedia Emerald Bintaro, Tangerang Selatan. Pengunjung bisa menikmati aneka jenis makanan dan minuman yang tersedia di kafe dengan suasana nyaman dan desain yang stylish.

Cozyfield Cafe melengkapi konsep gedung Gramedia Emerald Bintaro sebagai one stop shopping place. Jadi, pengunjung yang datang ke Gramedia Emerald Bintaro bisa merasakan seperti berkunjung ke mall.

Photo Source: https://www.instagram.com/cozyfield.id

Sesuai denganamanya, Cozyfield adalah sebuah tempat yang nyaman, senyaman di rumah sendiri. Tenang dan membuat kita betah, cocok untuk mencari inspirasi, atau bersantai sambil membaca buku yang baru dibeli di Gramedia Emerald Bintaro.

Cozyfield sendiri terdiri dari tiga area yang dapat menampung kapasitas hingga 70 pengunjung. Tiga area tersebut terbagi menjadi area keluarga, area merokok, dan area umum. Fasilitas lain yang tersedia di kafe ini antara lain, televisi layar datar, akses internet WiFi, majalah, dan bangku-bangku di area merokok.

Minim sekat, membuat tempat nongkrong ini terkesan terbuka namun tetap bersahabat. Hanya ada sedikit partisi yang terbuat dari kaca dan bambu untuk menciptakan kesan alami sebagai pemisah antara area keluarga dan umum, serta area merokok. Mau duduk di bangku-bangku yang semuanya bernuansa kayu, atau di sofa empuk yang bersandar di dinding kaca, tinggal pilih sesuka hati. Yang jelas semuanya dijamin nyaman!

Lampu-lampu hias berbentuk botol, tergantung di langit-langit kafe yang berwarna gelap. Nuansa pekat di bagian atas ini, terasa kontras dengan bagian bawah yang berlimpah cahaya, terkesan hangat dan menciptakan nuansa elegan.  

Di sini, Anda bisa menemukan tiga jenis kuliner, yakni Western, Asia, dan Indonesia. Adapun menu makanan yang ditawarkan antara lain, nasi rawon, nasi goreng kambing, beef burger rendang, opor ayam bakar, baked maccaroni cheese pot, spaghetti pesto, malay fried egg noodle with seafood, salad, fish and chips, pisang goreng, sate pusut, bubur ayam, aneka pancake, roti-roti, dan sajian lainnya.

Salah satu menu favorit di sini adalah Thai Salad. Berbeda dari salad umumnya yang kita kenal yang terdiri dari sayuran dan mayonaise, Thai Salad di kafe ini terdiri dari daging, seafood dan mi. Untuk mayonaise-nya, Cozyfield menggunakan perasan jeruk nipis dan campuran berbagai bahan yang menciptakan rasa asam segar.

Untuk minuman, pengunjung dapat memesan healthy juice, aneka teh, kopi, milk shake, fruit ice crush, fruit and flower fizz, dan cozzy choco. Sementara harga makanan yang ditawarkan berkisar antara Rp 45.000,- hingga Rp 105.000,-, sedangkan untuk minuman harga yang ditawarkan mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 55.000,-.

Alamat: Parigi, Pondok Aren, Tangerang Selatan 15227
No. Telp: 0815-1993-2666
Jam buka: Setiap hari: 10.00-22.00 WIB
Instagram: @cozyfield.id