< FYI

5 Kalimat yang Tabu Jika Diucapkan di Tempat Kerja

5 Kalimat yang Tabu Jika Diucapkan di Tempat Kerja

FYI

Sebagai manusia, wajar jika kita melakukan kesalahan, termasuk saat sedang bekerja. Kita bisa saja salah mengucapkan suatu hal kepada atasan atau rekan kerja. Namun yang harus Anda perhatikan, ada beberapa kalimat yang dapat berdampak buruk bagi reputasi Anda di kantor. Berikut beberapa kalimat yang sebaiknya tidak Anda ucapkan di tempat kerja, tentunya selain berkata kasar.

1. "Itu Bukan Salah Saya"
Jangan mengucapkan kalimat ini jika Anda terbukti melakukan kesalahan. Hindari sikap mencari-cari alasan, karena dapat berakibat serius pada reputasi Anda di kantor. 

Atasan memang tidak mengharapkan Anda dapat bekerja sempurna, tetapi sikap tidak ingin mengakui kesalahan membuat Anda akan ‘dicap’ sebagai pekerja yang tidak profesional. Untuk itu, jadilah pekerja yang bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat.

2. "Itu Bukan Bagian dari Pekerjaan Saya"
Tak ada atasan yang mau mendengar kalimat tersebut ketika ia sedang memberikan tugas. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, memiliki kemampuan multitasking seolah menjadi sebuah keharusan. Selain itu, semakin banyak kemampuan yang Anda kuasai, juga akan membuat Anda disenangi atasan.

3. "Akan Saya Kerjakan Nanti"
Kalimat ini menandakan Anda tidak profesional karena suka mengulur-ulur waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Sikap seperti itu hanya akan membuat pekerjaan semakin menumpuk. Selain itu, mengulur pekerjaan juga dapat menghambat kinerja rekan kerja yang sudah menunggu hasil pekerjaan Anda.

4. "Itu Ide yang Bodoh"
Jika memang Anda tidak setuju dengan ide rekan kerja Anda, tak perlu meremehkannya. Dan jika Anda mempunyai ide yang lebih baik, tak perlu menyombongkannya. Atasan Anda juga tidak akan menyukai sikap sombong dan agresif yang Anda tunjukkan.

5. "Saya Akan Keluar"
Tak perlu mengancam Anda akan keluar, jika apa yang Anda inginkan di tempat kerja tidak terpenuhi. Itu menandakan Anda pekerja yang tidak profesional dan atasan akan menganggap Anda suka melarikan diri. 

Jika memang Anda sudah tidak nyaman lagi bekerja, katakan secara baik-baik, Anda ingin mengundurkan diri. Namun, pastikan semua pekerjaan sudah terselesaikan dengan baik sebelum Anda mengundurkan diri. Semoga bermanfaat!