< Technology

5 Kamera Mirrorless Murah Tapi Tak Murahan

5 Kamera Mirrorless Murah Tapi Tak Murahan

Technology

Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, popularitas kamera mirrorless pun turut meningkat. Kualitas foto dan video kamera jenis ini memang tak tertandingi, ditambah lensa autofocus dan interchangeable yang luar biasa. Kamera mirrorless sendiri tak jauh berbeda dari DSLR. Sesuai namanya, kamera ini tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik. Cahaya yang melewati lensa langsung masuk ke sensor gambar.

Keuntungan menggunakan mirrorless tentu karena ukurannya yang lebih kecil dan lebih ringan, namun tetap dapat memberikan preview melalui lensa. Kualitasnya pun jauh lebih baik dibanding kamera saku. Bisa dibilang, mirrorless merupakan kombinasi antara kamera digital berukuran kecil, namun memiliki kualitas seperti DSLR. Bagi para fotografer pemula yang tertarik mencoba kamera simpel ini, berikut 5 kamera mirrorless murah, tapi dijamin kualitasnya tidak murahan.

1. Nikon 1 J5 (Rp 4.888.000)
Mirrorless buatan Nikon ini memang cukup mengejutkan mengingat mereka mendominasi pasar DSLR. Sejauh ini, Nikon 1 J5 adalah mirrorless terbaik mereka untuk pemula. Selain tampilan yang ramping, kamera mirrorless murah ini juga dipuji karena kontrolnya yang mudah, kualitas kamera secara keseluruhan, dan kecepatan prosesor. Berikut adalah spesifikasinya: 20,8 MP CX Format BSI CMOS image sensor, EXPEED 5A processor yang relatif kuat dan ISO yang dapat diperluas hingga 12.800, serta video high-quality full hd 1080p.

Ukurannya juga relatif nyaman dan padat. Ada tombol rana yang akan membantu Anda mengambil hingga 20 foto secara berurutan. Di sisi lain, autofocus memungkinkan Anda mengambil sebanyak 60 frame dalam satu detik. Layar sentuh yang dapat diputar berukuran cukup besar, memungkinkan Anda menelusuri menu dengan mudah dan menggunakan semua opsi berbeda yang ditawarkan kamera ini.

2. Panasonic Lumix DMC-GF8 (Rp 4.799.000)


Photo Source: cameraelectronic

Sejak pertama kali diluncurkan, Lumix GF8 memang diperkenalkan sebagai sebuah kamera mirrorless dengan fitur swafoto andalan. Kamera ini melanjutkan seri GF7 dengan spesifikasi sensor 16 MP Four Thirds, dengan empat pilihan warna kulit yang membungkusnya, merah muda, perak,coklat, dan oranye.

Tidak hanya layar sentuh 3 "1.04M-dot yang dapat diputar hingga 180° agar dapat mengambil swafoto dengan tepat, kamera ini juga menawarkan mode 'Soft Skin' yang dapat dikombinasikan dengan filter Creative Control Panasonic seperti Retro atau High Key. Beautificatioin tidak berhenti pada pengambilan gambar saja. Lumix GF8 menawarkan fitur baru Beauty Retouch untuk membersihkan tekstur kulit, memutihkan gigi, dan menambah riasan. Fitur-fitur ini memang ditujukan bagi wanita, tapi bukan berarti pria tidak dapat menggunakannya, versi perak dan coklat menawarkan banyak fitur ‘unisex'. GF8 juga dilengkapi dengan 100GB penyimpanan di Google Drive.

3. Canon EOS M10 (Rp 5.235.000)
Meskipun EOS M10 merupakan kamera teringan dalam serinya, kamera mirrorless murah yang mudah digunakan dan portabel ini masih tetap menjaga kualitas tinggi gambar yang memang selalu digadang-gadangkan EOS, termasuk sensor APS-C 18 megapiksel, tidak hanya menyediakan Anda portabilitas, tetapi juga kemampuan untuk memotret gambar secara mudah dengan latar belakang blur yang membuat subjek terlihat menonjol.


Photo Source: bhphotovideo

Prosesor gambar DIGIC 6 memungkinkan kamera dapat memotret foto suasana malam dengan noise rendah dan gradasi penuh, atau bahkan kenikmatan makanan pada malam hari. Terlebih lagi, autofocus yang dapat dioperasikan dengan sentuhan, membuat pemotretan menjadi mudah dan lebih praktis. Ikon tombol pintas mode Potret Diri ditampilkan secara otomatis saat Anda memutar monitor LCD 180°, memungkinkan Anda untuk mengaktifkan efek Penghalusan Kulit hanya dengan sekali sentuh.

4. Fujifilm X-A10 (Rp 5.090.000)
Kamera yang ringkas dan ringan ini mengusung desain retro. Penggunaan dua Command Dials berarti Anda cukup menggunakan ibu jari jika ingin menyesuaikan apperture, shutter speed, dan pengaturan exposure dengan cepat. Fungsi yang sering digunakan seperti white balance, continuous shooting dan self-timer dapat diatur melalui tombol fungsi standalone, jadi Anda tak perlu lagi masuk ke Menu untuk mengubah pengaturan.


Photo Source: imagingresource

Fujifilm X-A10 menggabungkan sensor APS-C 16,3 MP dengan mesin pengolah gambar yang mencapai kualitas foto Fujifilm yang sangat baik. Lensa FUJINON yang tajam menampilkan resolusi gambar yang mutakhir, dan teknologi reproduksi warna miliknya, memungkinkan pengguna menangkap gambar kualitas premium dalam kondisi pengambilan gambar apa pun. Fujifilm sangat terkenal untuk mereproduksi warna kulit secara akurat, dan FUJIFILM X-A10 dibangun dengan kemampuan reproduksi warna kulit yang canggih sehingga menghasilkan foto berkualitas tinggi.

5. Sony Alpha A5000 (Rp 5.999.000)
A5000 bisa dibilang kamera mirrorless murah terbaik bagi para pemula dengan lensa retraksi 16-50mm, 20,1 MP APS-C Exmor HD CMOS sensor, prosesor gambar BIONZ X dan ISO dengan kisaran lebar mulai dari 100 hingga 16.000. Dengan semua fitur tersebut, Anda dapat menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik, terutama dalam kondisi minim cahaya.


Photo Source: bhphotovideo

Anda juga dapat merekam video full HD (standar 60i atau 24p frame sinematik per detik, resolusi full HD 1920 x 1080). Beberapa fitur lainnya termasuk Flash pop-up built-in, mode anti-motion blur, dan kapasitas 420 bidikan per baterai. Yang paling penting, Sony Alpha A 5000 menghadirkan 25 titik autofocus untuk ketajaman yang hebat dan sedikit waktu untuk berkonsentrasi membuat foto petualangan jadi luar biasa. Seperti yang lain, layar sentuh 3″ 180° akan memberikan Anda beberapa penggunaan berbagai pengaturan serta sentuhan yang mudah dan intuitif.