< Technology

5 Kamera Murah Cocok untuk Nge-vlog

5 Kamera Murah Cocok untuk Nge-vlog

Technology

Fenomena vlog (video blog) belakangan ini semakin digemari. Tidak terkecuali anak muda Indonesia yang turut berlomba-lomba membuat vlog menarik. Konten yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kegiatan sehari-hari, opini, kuliner unik, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang vlogger, berikut lima kamera dengan harga terjangkau yang menawarkan kualitas jempolan untuk hasil video maksimal.

1. Fujifilm X-A3

photo source: fujifilm.com

Tahun 2016 lalu, Fujifilm Indonesia resmi merilis kamera mirrorless seri terbaru, X-A3 yang ditujukan bagi para pemula. Anda yang baru menjajal dunia fotografi tentu tidak akan dipusingkan dengan pengaturan rumit khas kamera DSLR.

Kamera yang dapat Anda nikmati dengan merogoh kocek mulai dari 6 jutaan ini dilengkapi dengan sensor kamera lebih besar dari seri pendahulunya, X-A2, yakni 24,2 MP. Menggunakan mekanisme slide-and-tilt, saat dibuka, layarnya dapat diputar 180 derajat ke arah atas sekaligus langsung mengaktifkan Eye Detection AF untuk menyesuaikan fokus ke mata sehingga cocok untuk vlog.

Bagi Anda yang mungkin senang mengabadikan kegiatan sehari-hari, X-A3 cocok sebab dalam satu kali proses pengisian ulang daya baterainya, kamera ini mampu membidik hingga 410 gambar atau video dengan durasi 40 menit. Bahkan, jika kehabisan daya, Anda bisa menyambungkan langsung ke powerbank tanpa harus mencopot baterainya karena dilengkapi dengan charger slot.

2. Sony A6000

photo source: trustedreview.com

Menghasilkan gambar sekelas DSLR, tidak mengherankan jika kamera yang dibanderol mulai dari 6 jutaan ini mulai dilirik anak muda. Kamera berbahan logam ini menawarkan sensor kamera cukup besar, 24 MP sehingga hasil foto maupun videonya jernih dan detail.

Pada Sony A6000, terdapat ISO cukup tinggi, mulai dari 100 hingga 25600. Untuk pengambilan video dalam kondisi minim cahaya, Anda bisa menggunakan ISO 1600 ke atas atau flash mungil yang dapat ditekuk ke belakang.

Kelebihan lain yang dimiliki kamera Sony adalah aplikasi Sony PlayMemories. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan editing foto mirip seperti yang Anda lakukan dengan smnartphone. Anda juga dapat menggunakan smartphone yang sama sebagai remote untuk mengontrol Sony A6000.

3. Canon EOS M10

photo source: harveynorman.com

Berkat sensor APS-C, resolusi 18 MP dan ISO 100 – 12800, EOS M10 mampu menghasilkan gambar yang berkualitas. Kamera yang dapat Anda kantongi dengan merogoh kocek kurang dari 5 juta ini memungkinkan Anda merekam video dengan format MP4 Full HD 1920x1080 untuk hasil yang maksimal.

Menggunakannya pun terbilang sangat mudah, EOS M10 dilengkapi dengan touch-activated AF dan kontrol manual yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Dengan LCD layar sentuh yang dapat diputar 180 derajat ke atas, self-portrait jadi lebih mudah.

Di samping itu, kamera yang dibanderol mulai dari 4 jutaan ini juga dilengkapi dengan fitur NFC dan Wi-Fi, kedua koneksi tersebut memudahkan Anda berbagi foto dan video dengan cepat dan mudah melalui smartphone.

4. Samsung NX-Mini

photo source: samsung.com

Body-nya yang sangat langsing membuat Samsung NX-Mini sangat nyaman digenggam. Samsung NX-Mini dilengkapi dengan sensor 20 MP dan ISO mulai dari 160 hingga 12800 yang membantu Anda menangkap apapun jadi lebih tajam. Meski tipis, Samsung NX-Mini dilengkapi lensa berlapis tempered glass coating untuk mencegah goresan pada permukaan lensa sehingga cocok digunakan untuk daily vlogging.

Menariknya, layar Samsung NX-Mini dapat diputar ke tiga sisi berbeda, depan, belakang dan atas. Tidak mengherankan jika, kamera yang dibanderol mulai dari 5 jutaan ini menjadi incaran banyak vlogger yang gemar melakukan self-portrait saat merekam.

5. Nikon Coolpix S9900

photo source: europenikon.com

Terakhir, ada Nikon Coolpix S9900 dengan kemampuan zoom hingga 30x optical. Kamera asal negeri sakura ini memiliki sensor kamera mencapai 16 MP. Selain itu, seri ini dilengkapi dengan fitur 5-axis yang berfungsi untuk mengurangi getaran sehingga hasil gambar lebih stabil meski diambil dalam kondisi berguncang.

Fitur unggulan dari kamera yang dibanderol mulai dari 4 jutaan ini tersebut dapat diaktifkan, baik secara manual maupun otomatis bahkan dalam merekam video, sehingga cocok untuk digunakan untuk vlogger yang aktif dan dinamis.

Video Full HD 1080 piksel yang Anda rekam dapat dengan mudah dibagikan melalui smartphone dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi dan NFC yang juga disematkan pada kamera terjangkau satu ini.