< FYI

5 Kawasan Rawan PKL di Jakarta Selama Ramadhan (Part II)

5 Kawasan Rawan PKL di Jakarta Selama Ramadhan (Part II)

FYI

Sudah membaca 5 kawasan rawan PKL di Jakarta selama Ramadhan (Part I)? Kali ini, Check In Jakarta akan kembali mengulas 5 kawasan lain di Jakarta yang juga rawan PKL selama bulan Ramadhan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pasar Gembrong

Bagi yang senang berburu mainan anak berkualitas dengan harga terjangkau, nama Pasar Gembrong pasti sudah melekat di telinga. Pasar yang terletak di sepanjang Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur ini ternyata juga rawan PKL selama Ramadhan hingga setelah Idul Fitri. Meski sempat direlokasi sekitar tahun 2013, PKL Pasar Gembrong kembali berjualan di tempat lama dengan alasan lebih ramai pembeli.

2. Rawamangun

Masih di Jakarta Timur, tepatnya di kawasan Ramawangun, di sepanjang Jalan Balai Pustaka menjadi sentra berjualan para pedagang kaki lima. Selama bulan Ramadhan, kawasan ini akan dipenuhi PKL yang berjualan makanan praktis dan enak untuk berbuka puasa mulai dari pukul 3 sore hingga 7 malam.

3. Banjir Kanal Timur

Selain menjadi spot favorit ngabuburit, Banjir Kanal Timur (BKT) juga menjadi primadona bagi PKL. PKL biasanya berasal dari pemukiman sekitar BKT. Diperkirakan ratusan PKL memenuhi bantaran sungai BKT. Gerai dagangannya mulai dibuka jam 3 sore hingga malam hari.

4. Sekitar Stasiun Jatinegara

Tidak jauh berbeda dengan PKL yang memenuhi kawasan sekitar stasiun Tanah Abang, PKL yang berjualan di sekitar Stasiun Jatinegara juga masih ramai meski beberapa kali ditertibkan. Di Jalan Matraman Raya arah Stasiun Jatinegara, Anda dapat menjumpai puluhan PKL yang menjajakan takjil seperti gorengan dan es.

5. Koja

Beralih ke kawasan Jakarta Utara, di kawasan Islamic Center, Koja, PKL ikut membludak seperti di kawasan-kawasan lain. Kebanyakan pedagang mulai membuka gerainya sejak pukul 3 sore. Mulai dari gorengan, pecel buah, es buah, es kelapa muda dan masih banyak lagi takjil yang diburu para pembeli.