< FYI

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Anda Bangkrut

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Anda Bangkrut

FYI

Apakah Anda merasa bahwa gaji Anda hanya ‘numpang lewat’ setiap bulannya? Jika hal ini terus dibiarkan, bisa jadi rencana keuangan masa depan Anda bisa berantakan dan hal terburuknya bisa membuat bangkrut.

Tentu tidak mau hal ini terjadi, dong? Nah, untuk menghindarinya hentikan kebiasaan buruk di bawah ini agar keuangan Anda bisa terlindungi. Check it out!

1. Sering Membawa Uang Tunai
Ketika Anda terlalu sering atau terlalu banyak menyimpan uang tunai di dalam dompet, Anda akan berpikir untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Jika Anda sering membawa uang tunai, Anda cenderung akan lebih ingin dan terasa mudah untuk mengeluarkan uang dibandingkan ketika Anda tidak membawa uang tunai di dompet. 

2. Window Shopping
Mungkin dalam artiannya, window shopping berarti hanya jalan-jalan untuk melihat-lihat barang yang dipajang di depan toko tanpa membelinya. Namun ketika Anda tertarik pada barang yang dipajang tentu Anda ingin melihatnya lebih jelas, bukan?

Hal ini bisa memancing Anda untuk masuk ke dalam toko dan mungkin malah membeli barang tersebut. Wah, bisa bahaya kalau sering-sering seperti ini. Maka dari itu hindarilah pusat perbelanjaan jika Anda hanya ingin sekedar jalan-jalan. 

Photo source: http://publicdomainpictures.net

3. Mudah Tergoda untuk Mengeluarkan Uang
Yup, hal ini merupakan faktor utama seseorang menjadi boros. Jangan kalap ketika Anda hanya berencana untuk membeli satu barang namun berakhir dengan membeli beberapa barang lainnya.

Jangan sampai Anda mudah tergoda dengan tulisan ‘diskon’ yang seperti memanggil-manggil Anda, ya. Hindari juga berbelanja dengan kondisi emosi yang tidak stabil karena hal ini hanya akan membuat Anda tambah kalap. 

4. Berbelanja Tanpa Rencana
Jangan pernah mencoba untuk berbelanja tanpa rencana. Sebaiknya Anda buat dahulu daftar belanja berisi barang-barang apa yang harus Anda beli.

Stick to the list, jangan sampai Anda menambah barang-barang di luar daftar yang telah Anda buat tersebut agar Anda tidak menghabiskan terlalu banyak uang. 


Photo source: http://pixabay.com

5. Berburu Kupon Diskon
Memang betul kupon diskon yang kini banyak ditawarkan akan membuat Anda hemat saat Anda berbelanja atau makan di restoran.

Namun jika Anda dengan sengaja memburu kupon diskon, Anda cenderung akan tertarik untuk membeli barang agar bisa memakai kupon tersebut. Padahal belum tentu Anda benar-benar butuh barang tersebut.

Sama halnya dengan kupon diskon restoran, yang tadinya tidak berencana makan di restoran yang menawarkan kupon karena tertarik dengan diskonnya Anda malah makan di restoran tersebut. Yuk, lebih cermat dalam mengatur keuangan!