< Marketing

5 Kebiasaan yang Harus Dijalankan Agar Sukses di Bidang Marketing

5 Kebiasaan yang Harus Dijalankan Agar Sukses di Bidang Marketing

Marketing

Dunia marketing yang selalu bergerak dinamis membuat kita harus selalu waspada agar tidak ketinggalan. Menurut Avtar Ram Singh, Head of Social Publicis Singapore, ada 5 kebiasaan yang sebaiknya dimulai bagi Anda yang ingin sukses di bidang marketing. Apa saja, ya? Simak di bawah ini!

 

1. Update dengan Berita tentang Dunia Marketing
Manfaatkan smartphone dan koneksi internet untuk membaca berita atau artikel tentang dunia marketing. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui apakah ada pengumuman baru tentang Facebook metrik atau ada perubahan tentang bagaimana Google mengurutkan laman situs? Anda juga bisa memakai RSS Reader untuk membantu Anda agar selalu update terhadap situs-situs atau blog tentang marketing.

 

2. Pantau Kompetitor
Karena dunianya yang dinamis, para pelaku marketing lainnya juga tentu tak mau ketinggalan. Oleh sebab itu, Anda juga harus selalu memantau para kompetitor terlebih lagi competitor yang memiliki target pasar yang sama. Tidak mau, dong, Anda kalah strategi hanya karena lengah sedikit saja?

 
Photo source: Pixabay

3. Menjaga Hubungan dengan Stakeholders
Di setiap perusahaan, biasanya ada stakeholders yang memiliki kepentingan langsung terhadap perusahaan seperti dalam hal perencanaan dan eksekusi kampanye pemasaran. Karena hal itu cukup penting, ada baiknya Anda sebagai pelaku marketing menjaga hubungan yang baik terhadap para stakeholders. Semakin Anda memiliki hubungan yang baik serta komunikasi yang lancar, maka para stakeholders tentu tidak akan merasa sia-sia berkecimpung di perusahaan Anda.

 

4. Fokus Pada Networking
Networking adalah salah satu hal mendasar yang harus dijalankan oleh para pelaku marketing. Tak hanya dengan bertatap muka, Anda bisa melakukan networking melalui sosial media contohnya dengan LinkedIn. Tercatat di awal tahun 2017, pekerjaan sebagai marketing menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki koneksi terbanyak di LinkedIn. Cobalah untuk melakukan networking pada tak hanya satu platform agar koneksi Anda bisa semakin luas.

 
Photo source: Pixabay

5. Cantumkan Data Pada Setiap Pembicaraan
Agar Anda dapat menjadi seorang pelaku marketing yang dapat dipercaya, ada baiknya pada setiap percakapan Anda menggunakan data yang real. Tak hanya sekedar mempromosikan brand atau perusahaan Anda, jika didukung dengan data yang pasti tentu target pasar Anda tidak akan berpikir dua kali untuk mempercayakan dirinya pada Anda. Good luck!