< Cafe & Resto

5 Kedai Bakmi Legendaris di Jakarta

5 Kedai Bakmi Legendaris di Jakarta

Cafe & Resto

Mi menjadi salah satu makanan favorit sebagian besar masyarakat tanah air. Bahkan, banyak rumah makan yang menjadikan makanan ini sebagai menu andalan mereka sejak puluhan tahun yang lalu. Di Jakarta sendiri ada beberapa kedai mi yang sudah melegenda dan tetap dicintai hingga kini. Apa sajakah itu? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

1. Bakmi GM
Restoran bakmi yang dulu dikenal dengan nama Bakmi Gajah Mada ini sudah ada sejak tahun 1959. Siapa sangka usaha yang dirintis oleh Tjhai Sioe Tjhung dan istrinya kini menjadi salah satu kedai bakmi paling favorit di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Dari yang awalnya hanya berjualan di rumah dengan ruangan yang tidak begitu luas, kini Bakmi GM memiliki 45 outlet yang tersebar di 11 kota.

Nama Bakmi GM mulai dikenal pada 1962. Dari hari ke hari, jumlah pengunjung terus bertambah. Demi menjaga kepercayaan konsumen, resto ini juga menambah menu mereka. Dari hanya menjual mi ayam, bakso dan pangsit, mereka menambahkan menu bakmi goreng, nasi goreng dan bakmi ayam cah jamur. Tak disangka hal tersebut mampu menarik lebih banyak pengunjung. Padahal, saat itu sang pemilik hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Kini, Bakmi GM menawarkan sedikitnya sembilan menu bakmi, nasi, dan beberapa menu lainnya.

Website: http://www.bakmigm.com
Instagram: https://www.instagram.com/bakmigmania

2. Mie Ayam Gondangdia

Photo Source: https://malesmandi.com/

Tempat makan bakmi yang satu ini telah menemani warga Jakarta sejak tahun 1968. Sayangnya, pada tahun 2014, lokasi warung yang saat itu berada di Jalan RP. Soeroso, Cikini, mengalami kebakaran. Kedai ini pun pindah ke lokasi yang baru di Jalan Cikini IV, Menteng, Jakarta Pusat. 

Dari awal berdiri hingga kini, menu mi yang menjadi andalan dan favorit di sini adalah mi ayam jamurnya. Selain terdapat potongan jamur di atasnya, sajian ini semakin nikmat karena tambahan minyak rahasia yang merupakan resep tradisional turun-temurun.

Kedai Mie Ayam Gondangdia tidak hanya menjual mi ayam dan bakso, ada banyak menu-menu lain yang tak kalah lezat, seperti ifumie, nasi goreng, capcay, dan tahu jamur kuah.

Alamat: Jl. Cikini IV No.12A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Jam Operasional: Senin – Minggu: 09.00 – 22.00 WIB
No. Telp: 021.7267466
Instagram: https://www.instagram.com/miegondangdia

3. Mie Ayam Bakso Yunus
Kedai bakmi ini juga sudah lama memuaskan lidah para penikmat mi, tepatnya sejak tahun 1967. Meski sudah puluhan tahun, namun cita rasa Mie Ayam Bakso Yunus tak pernah berubah, dan terbukti masih menjadi favorit warga Jakarta. Bahkan, salah satu penyanyi terkenal tanah air, Krisdayanti pernah menjadi pelanggan setia kedai ini.

 Photo Source: https://www.zomato.com

Berbagai menu mi yang ditawarkan antara lain, mi ayam, mi yamin, dan tentunya mi ayam bakso spesial. Harganya pun sangat ramah di kantong, berkisar antara Rp13 ribu hingga Rp 25 ribu per porsi.

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam VIII D, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Jam Operasional: Senin – Minggu: 08.00 – 20.00 WIB
No. Telp: (021) 70945363

4. Bakmi Boy
Tak kalah legendarisnya, Bakmi Boy sudah ada sejak tahun 1963. Kuliner yang satu ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Pada saat jam-jam sibuk, seperti jam makan siang atau malam hari, dapat dipastikan restoran ini akan dipadati para penggila mi.

Menu yang mereka tawarkan pun beragam. mulai dari bakmi polos, bakmi ayam pangsit, bakmi ayam bakso, hingga bakmi ayam jamur pangsit. Jika Anda menyukai makan dalam porsi yang banyak, Anda juga bisa memesan bakmi dalam porsi besar.

 Photo Source: https://www.qraved.com

Alamat: Jl. Cikajang No. 42, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
Jam Operasional: Senin – Sabtu: 10.00 – 20.00 WIB, Minggu: Tutup
No. Telp: (021) 7254227

5. Bakmi Gang Kelinci
Satu lagi kedai bakmi legendaris di Jakarta, Bakmi Gang Kelinci. Kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1957. Pada awalnya, Bakmi Gang Kelinci dijalankan dengan cara tradisional yakni dengan menggunakan gerobak oleh pendirinya, Hadi Sukiman. Saat itu, lokasi berjualannya terletak di Gang Kelinci, Jalan Pintu Besi, Pasar Baru.

Namun, berkat kegigihan serta rasa lezat yang ditawarkan, kini Bakmi Gang Kelinci telah memiliki 11 cabang yang tersebar di Jakarta dan Tangerang.

Menu bakmi yang ditawarkan di kedai ini cukup banyak, namun menu bakmi berkuah seperti bakmi bakso dan bakmi pangsit selalu menjadi favorit di Bakmi Gang Kelinci.

 Photo Source: https://www.instagram.com/bakmi_gangkelinci

Alamat: Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710
Jam Operasional: Senin – Sabtu: 07.00 – 21.00 WIB, Minggu: 07.00 – 21.30 WIB
No. Telp: (021) 3522288
Instagram: https://www.instagram.com/bakmi_gangkelinci