< Recreation

5 Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan di Setu Babakan

5 Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan di Setu Babakan

Recreation

Walaupun Jakarta dikenal sebagai ibu kota dengan berbagai kesibukan dan banyaknya gedung pencakar langit, Anda masih bisa menemukan wisata alam di tengah itu semua, lho. Adalah Setu Babakan, sebuah tempat wisata alam berupa danau yang terletak di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Bila Anda ingin ‘kabur’ sejenak dari suasana ibu kota yang sibuk, tempat ini bisa menjadi tujuan. Apa saja, ya, kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini? Simak di bawah ini!

 

1. Berjalanan di Sisi Danau
Danau yang berada di kawasan Setu Babakan ini memiliki luas yang mencapai 30 hektar dengan pepohonan rindang yang mengelilingi sisi danau. Pemandangan seperti ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Karena itu, saat berkunjung ke sini Anda bisa berjalan menyisiri sisi danau sambil menghirup udara segar dari pepohonan. Jarang-jarang, kan, Anda bisa merasakan hal tersebut di ibu kota?

 

Anda juga bisa memanfaatkan pemandangan alam ini sebagai latar belakang selfie. Bisa sekalian meng-update halaman Instagram Anda, bukan? Kalau hanya ingin bersantai, Anda bisa sekedar duduk-duduk di sisi danau sambil menikmati pemandangan alam di tengah kota Jakarta.

 

2. Bermain Perahu Kayuh
Bila Anda datang ke Setu Babakan bersama teman-teman atau keluarga, tentu akan menyenangkan jika Anda mencoba untuk bermain perahu kayuh. Memiliki bentuk hewan-hewan air yang lucu, anak-anak akan senang bila diajak bermain perahu kayuh ini. Anda bisa langsung menuju loket bermain perahu kayuh yang ada di sisi danau. Jangan khawatir, karena harga untuk bermain perahu kayuh ini tidak akan menguras kantong.


Photo source: Facebook (Kampung Betawi Si Pitung) 

3. Menikmati Kuliner Khas Betawi
Berwisata ke suatu tempat, tentu tak akan lengkap tanpa menikmati kuliner yang ada. Yup, sebagai salah satu tempat cagar budaya Betawi, di Setu Babakan Anda juga dapat menemukan berbagai pedagang yang menjajakan kuliner khas Betawi. Sebut saja ketoprak, kerak telor, soto betawi, asinan, kue rangi, dan masih banyak lainnya.

 
Photo source: Facebook (Kampung Betawi Si Pitung)

Soal harga tak perlu khawatir, deh, karena kuliner di sini dipatok dengan harga kaki lima. Sebagian pedagang di sini juga merupakan penduduk sekitar yang asli Betawi. Jadi, soal rasa tentu Anda akan merasakan kuliner hasil racikan penduduk aslinya.

 

4. Mempelajari Budaya Asli Betawi
Nah, jika Anda datang ke sini bersama rombongan, Anda bisa diminta untuk dipandu oleh kantor manajemen Setu Babakan. Biasanya, rombongan wisata akan mendapatkan paket untuk mempelajari budaya asli Betawi. Berwisata ke sini, Anda bisa disuguhi oleh tarian khas Betawi seperti tari topeng yang ditampilkan oleh anak-anak yang mengikuti sanggar budaya di Setu Babakan.

 

Selain melihat tarian, Anda juga bisa melihat cara membuat dodol Betawi. Tak hanya sekedar melihat, Anda juga bisa turut mencoba membuat dodol Betawi, lho. Hasil buatan dodol Betawi itu pun bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.


Photo source: Facebook (Kampung Betawi Si Pitung) 

5. Melihat Rumah Asli Betawi
Karena Setu Babakan merupakan kawasan cagar budaya, tentu Anda masih bisa melihat rumah asli Betawi di sini. Ada beberapa rumah dengan gaya asli Betawi di sini, lengkap dengan daun pintu yang khas dan terasnya yang luas. Mebel gaya Betawi tentunya juga berbeda dengan rumah-rumah lainnya. Ada juga rumah yang dijadikan kantor pengelola kawasan ini. Benar-benar suasana yang berbeda saat memasuki kawasan ini. Berminat untuk berkunjung ke sini?

Address

Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan


SEE MAP