< FYI

5 Kesalahan Booking Hotel yang Sering Tidak Disadari

5 Kesalahan Booking Hotel yang Sering Tidak Disadari

FYI

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, booking hotel bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan. Sebab, Anda bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun cukup dengan bermodalkan ponsel atau laptop, dan internet.

Cukup dengan memilih lokasi hotel, menentukan kapan tanggal menginap, dan memilih metode pembayaran. Sayangnya, meski mudah dilakukan, tetap saja masih ada orang yang sering membuat kesalahan saat booking hotel.

Walaupun terkesan sepele, kelalaian seperti ini bisa saja membuat liburan menjadi berantakan. Hasilnya, bukannya bersenang-senang, Anda malah dipusingkan dengan kesalahan sepele tersebut. Lalu, apa sajakah kesalahan yang sering terjadi saat booking hotel? Berikut uraiannya.

1. Salah Reservasi Hotel
Reservasi di hotel yang salah ini cukup sering terjadi. Kasusnya pun berbeda-beda. Ada yang terkecoh karena hotel memiliki banyak cabang. Sebagai contoh, hotel yang Anda pesan adalah hotel A yang berada di kawasan B, namun hotel yang Anda datangi justru hotel A di kawasan C.

Ada juga traveller yang terlajur booking hotel di lokasi yang tidak strategis, seperti jauh dari  bandara, stasiun, ataupun objek wisata. Biasanya hal ini terjadi, karena si traveller hanya melihat tarifnya yang murah, namun tidak mempertimbangkan lokasi hotel yang ternyata tidak strategis. Ini tentu akan merepotkan Anda, apalagi jika destinasi wisata yang dituju lalu lintasnya sering macet.

2. Tidak Memanfaatkan Potongan dari Kartu Kredit
Salah satu cara untuk menghemat biaya traveling adalah dengan memanfaatkan potongan yang ditawarkan dari kartu kredit, seperti diskon tarif penginapan, bonus cash-back, dan masih banyak lagi. Jadi, jika Anda memiliki kartu kredit, cobalah lebih jeli mencari tahu promo apa saja yang ditawarkan. Sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda selama berlibur.

3. Tidak Membaca Detail Informasi
Sumber utama dari semua kesalahan saat booking hotel sebenarnya adalah karena enggan membaca informasi atau deskripsi hotel secara detail.

Contoh pertama mengenai masalah lokasi sudah disebutkan di poin sebelumnya. Yang kedua adalah fasilitas yang ada di penginapan. Fasilitas hotel sangat mempengaruhi mood liburan, lho.

Anda tentu bisa beristirahat sekaligus berlibur dengan tenang dan nyaman kalau tempat menginap yang dipilih menyediakan fasilitas yang diinginkan, seperti WiFi, dan kamar mandi pribadi. Jadi, pastikan untuk membaca dengan teliti informasi yang tertera, sebelum yakin memesan hotel tersebut.

4. Mengabaikan Ulasan dari Traveller Lain
Setelah melihat foto-foto dan informasi detail tentang hotel di situs webnya, hal lain yang tidak boleh Anda abaikan adalah membaca ulasan dari traveller yang sudah pernah menginap di hotel tersebut sebelumnya.

Anda harus tahu, terkadang apa yang ditulis di kolom deskripsi tidak sesuai dengan kenyataan. Ulasan dan pengalaman dari tamu yang sudah menginap akan sangat membantu Anda mendapatkan informasi sebenarnya tentang hotel tersebut.

5. Tidak Membandingkan Harga Terlebih Dulu
Saat memutuskan ingin booking hotel, jangan hanya terpaku di satu situs saja. Wajib hukumnya untuk melakukan riset atau membandingkan harga di beberapa situs, sebelum memesannya. Bukan tak mungkin di situs web lainnya Anda bisa mendapatkan harga lebih murah. Perhatikan pula promo atau diskon yang bisa Anda manfaatkan. Biasanya, ada situs pemesanan hotel yang memberikan potongan harga untuk pelanggan yang baru pertama kali menggunakan situs web tersebut untuk booking hotel.