Monday, December 09, 2019
FYI
FYI

5 Kesalahan Penumpang yang Sering Terjadi di Bandara

Spectr News Theme Isny Dewi R.
13, September 2019
848

Mulai dari pengantaran bagasi ke security line lalu ke boarding gate, melewati bandara saja Anda dapat terkena perangkap yang tidak pernah Anda duga. Padahal jika Anda melakukannya dengan mudah, ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan waktu dan uang di bandara dengan bijaksana. Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan calon penumpang di bandara, dikutip dari SmarterTravel.

1. Tidak Mengunduh Aplikasi Maskapai/Bandara
Menggunakan aplikasi operator Anda penting tidak hanya di bandara, tetapi juga sebelum Anda sampai di sana. Sebagian besar operator memiliki aplikasi yang dapat Anda unduh pada ponsel pintar Anda yang akan memberi tahu Anda jika penerbangan ditunda atau dibatalkan, bahkan sebelum Anda berangkat ke bandara. Sesampai di sana, informasi pada aplikasi seringkali lebih baru daripada layar kedatangan-keberangkatan di terminal. Kini, bahkan semakin banyak bandara yang sudah mengembangkan aplikasi untuk membantu wisatawan menavigasi terminal dengan peta, daftar layanan, dan lain sebagainya.

2. Tidak Melakukan Check in Online
Kecuali Anda memiliki masalah yang tidak dapat diselesaikan sebelumnya, tidak ada alasan yang tepat untuk tidak melakukan check in online. Anda tinggal mengirimkan e-ticket ke telepon Anda (melalui tautan teks atau email), dan jika Anda tidak memiliki bagasi untuk diperiksa, Anda dapat melewati loket dan langsung menuju ke security line. Namun, jika Anda memiliki barang bawaan, Anda harus mengantarkannya terlebih dulu, tetapi jika Anda sudah check-in sebelumnya, maka proses ini akan berjalan lebih cepat. Juga, beberapa maskapai penerbangan hanya mengizinkan Anda memilih tempat duduk jika sudah check-in.

3. Tidak Membawa Makanan
Bukan rahasia lagi jika makanan di bandara, baik makanan untuk dibawa pergi maupun yang langsung makan di restoran, harganya cukup menguras dompet. Satu-satunya nilai tambah adalah kenyamanan, namun tidak dengan kualitasnya. Itu bukan satu-satunya alasan untuk mengemas makanan ringan di dalam Anda: Jika Anda terjebak dalam antrean pemeriksaan dan waktu Anda cukup terkuras, sandwich, keripik, kue, dan buah dalam barang bawaan dapat menyelematkan Anda. Sebagian besar makanan diperbolehkan, kecuali untuk cairan seperti saus, sup, yogurt, dan lain sebagainya. Jika ragu, Anda bisa cari tahu makanan apa saja yang dilarang.

4. Menggunakan Pakaian yang Salah
Berpakaian yang benar tidak hanya bermanfaat untuk kenyamanan di pesawat, tapi juga agar Anda bisa melewati security line lebih cepat. Itu berarti tidak menggunakan segala sesuatu yang dapat memicu alarm bunyi ketika melewati mesin pemindai tubuh, seperti perhiasan chunky atau ikat pinggang. Gunakan juga alas kaki yang sederhana, seperti sepatu yang cepat dan mudah dipakai dan dilepaskan, serta jangan lupa mengenakan kaus kaki.

5. Tidak Menandai Bawaan Anda
Hal yang terakhir Anda lakukan di bandara adalah mengambil barang bawaan Anda dari klaim bagasi. Dan satu demi satu pun datang, aliran koper yang tak berujung yang terlihat hampir sama. Selamatkan diri Anda dari kerepotan melihat setiap tas dengan menandai tas Anda menggunakan penanda berwarna cerah. Dengan begitu, Anda akan dapat melihat koper Anda dengan cepat dan siap berangkat.

 

Top Photo Source: pixabay.com/users/graceful-158667

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration