Thursday, November 14, 2019
FYI
FYI

5 Kesalahan yang Harus Dihindari di Minggu Pertama Kerja

Spectr News Theme Isny Dewi R.
29, October 2019
135

Kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan baru memang kerap terjadi. Pekerjaan baru memang selalu menegangkan. Akankah Anda bisa kompak dengan rekan kerja baru Anda? Apa yang seharusnya Anda pakai? Namun, dari semua itu ada satu hal yang disetujui banyak ahli dengan suara bulat dan tidak dapat dinegosiasikan, yaitu membuat kesan pertama yang baik.

Jadi bagaimana Anda menyeimbangkan diri Anda dengan menjadi diri profesional Anda? Apa yang harus dan jangan dilakukan di hari pertama Anda? Berikut saran profesional untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan baru Anda.

1. Tidak Bertanya
Ketika terjadi kesalahan pekerjaan baru, ada satu hal yang harus selalu Anda hindari, yaitu tidak bertanya. Pelatih Kepemimpinan dan Praktisi Ilmu Saraf Dominique Stillman menyarankan para pemula untuk tidak asal mengangguk jika Anda tidak tahu apa yang dibicarakan bos atau senior Anda.

"Kesalahan umum adalah kurang percaya diri untuk mengajukan pertanyaan, mengangguk atau menyatakan mengerti padahal sebenarnya tidak," jelas Dominique. Mengajukan pertanyaan selama beberapa minggu pertama adalah harapan dan membangun kepercayaan. Akan menjadi masalah nantinya jika orang baru tidak memiliki pertanyaan.

Direktur Smart Coaching & Training, Isla Baliszewska, juga mengatakan, “mengajukan pertanyaan selalu baik karena menunjukkan minat, keinginan untuk belajar, dan keterlibatan. Namun, pilih lah pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan di waktu yang tepat, kepada orang yang tepat untuk alasan yang tepat dan jangan berlebihan melakukannya.”

2. Terlalu Awal Menjadi Karyawan Kritis
Kesalahan pada pekerjaan baru adalah hal biasa, tetapi satu hal yang mungkin akan Anda temukan adalah Anda awalnya tidak dianggap dengan posisi baru Anda. Mungkin Anda tidak yakin dengan rekan-rekan Anda, mungkin Anda langsung tidak suka bagaimana atasan Anda berbicara kepada Anda. Baik itu masalah besar atau tidak, cobalah untuk tidak langsung mengaburkan penilaian Anda.

Dominique melanjutkan, “pada hari pertama, dan untuk beberapa waktu, penting untuk tidak mengkritik apa yang ada. Tahan kritik itu sampai Anda yakin itu valid dan Anda bisa menyuarakannya dengan cara yang benar (sebagai ide untuk perubahan) dan kepada orang yang tepat. Apa yang harus Anda lakukan pada hari pertama adalah cukup datang tepat waktu dengan energi positif. "

3. Memperkenalkan Diri atau Sebaiknya Tidak
Dominique mengatakan, “ini bisa sulit pada awalnya, terutama ketika Anda bertemu orang baru dalam situasi atau kelompok 1-2-1. Saran saya adalah untuk mempertimbangkan kesan yang ingin Anda buat sebelum Anda tiba. Bagaimana Anda ingin orang-orang berpikir atau merasakan tentang Anda di masa-masa awal ini?”

Kepala Operasional IAPC & M, David Monro-Jones, mengatakan, “Pada tingkat tertentu, tergantung pada peran apa yang Anda miliki. Jika itu melibatkan bertemu banyak orang, maka Anda bisa memperkenalkan diri.”

Organisasi yang baik memiliki program induksi yang akan membantu Anda menetap dan bertemu orang-orang yang Anda butuhkan. Jika Anda malu (atau tidak nyaman dalam beberapa situasi sosial), ini bisa dilakukan dengan pelatih.

4. Pulang Telat
Apakah Anda merasa canggung meninggalkan pekerjaan tepat waktu ketika Anda baru saja mulai? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Mengemas barang dan keluar dari ruangan tepat waktu dapat membuat Anda mempertanyakan apakah atasan Anda menilai Anda atau tidak.

Namun, Dominique menyarankan agar Anda selalu pergi tepat waktu, baik itu minggu pertama atau terakhir. "seharusnya tidak salah jika pergi tepat waktu, terutama di kantor atau lingkungan yang tidak menggunakan sistem shifting," katanya.

Jika sebagian dari negosiasi kontrak Anda melibatkan penyisihan waktu, penting untuk tetap berpegang teguh pada hal ini sehingga orang lain memahami hal ini normal untuk Anda. David menambahkan, “waktu mulai dan selesai akan dijelaskan dalam induksi dan manajer lini atau mentor Anda harus ada di sana untuk membimbing Anda dalam beberapa minggu pertama. Jika Anda telah menyelesaikan apa yang perlu Anda lakukan, maka tidak ada alasan untuk tetap di kantor, kecuali jika Anda mempelajari sesuatu.”

5. Merasa Nyaman Terlalu Cepat
Menjadi orang baru mengubah dinamika suatu tim atau sekelompok orang dan mereka perlu menyesuaikan diri dengan hal ini juga. Menjadi diri sendiri itu penting, tetapi memperhatikan orang-orang di sekitar Anda dan bahwa mereka mungkin tidak senang melihat Anda itu patut diingat. Itu dapat membantu untuk lebih mendengarkan dan meluangkan waktu Anda untuk mencari cara terbaik untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda sebagai individu.

Penting untuk percaya diri, tetapi jangan berlebihan. Cobalah dan capai keseimbangan di antara keduanya. Terlibatlah dalam diskusi dan juga tahu kapan harus mendengarkan dan mengamati. Mungkin sulit untuk terlihat percaya diri jika Anda secara alami pemalu atau pendiam, jadi untuk melakukan hal ini mungkin Anda membutuhkan seorang rekan yang membuat Anda merasa nyaman.

Selalu mengingat bahwa orang tidak selalu bersikap hangat pada pendatang baru yang keras dan tegas. Namun, mereka akan menghargai upaya untuk mengintegrasikan dan mengenal Anda. David menambahkan bahwa Anda harus menjadi diri sendiri dan mengelilingi diri Anda dengan banyak atau sedikit orang yang membuat Anda nyaman.

 

Top Photo Source: pixabay.com

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration