< Tips

5 Kesalahan yang Sering Terjadi di Usia 20-an

5 Kesalahan yang Sering Terjadi di Usia 20-an

Tips

Usia 20-an merupakan masa ketika seseorang merasa memiliki banyak waktu dan tenaga untuk melakukan  apapun, mulai dari bersenang-senang hingga mengekspresikan diri. Namun seperti tahap kehidupan lainnya, periode ini dapat berlalu begitu saja sebelum Anda menyadarinya.

Jangan biarkan hal ini akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Berikut adalah beberapa kesalahan di usia 20-an yang dapat Anda jadikan pelajaran.

1. Bertahan dalam hubungan yang tidak sehat
Usia 20-an memegang peranan penting dalam membentuk diri kita sesungguhnya. Pada tahap inilah, Anda harus mencari tentang apa yang Anda cari dalam sebuah hubungan.

Jika sebuah hubungan tidak membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih baik, mungkin Anda perlu berpikir sejenak sebelum melanjutkannya.

2. Membelanjakan uang secara sembrono
Membeli apapun yang diinginkan secara pasti akan membuat seseorang merasa bahagia. Tetapi, jika dilakukan terus menerus, hal ini dapat membahayakan kondisi finansial Anda.

Selalu ingat bahwa pilihan dalam menggunakan uang di masa sekarang akan berpengaruh terhadap masa depan Anda. Pastikan Anda menginvestasikan uang Anda untuk sesuatu yang dapat membawa dampak positif di kemudian hari.

3. Bertahan dalam pekerjaan yang tidak membahagiakan
Dengan banyaknya tuntutan kebutuhan sehari-hari, banyak orang akan menganggap bahwa keluar dari pekerjaan adalah hal gila. Tapi apakah Anda pernah memikirkan tentang waktu dan tenaga yang terbuang untuk sebuah pekerjaan yang tidak sesuai dengan bakat dan minat Anda? Jika belum, maka sekaranglah saatnya.

Mulailah dengan membuat daftar karir yang Anda rasa sesuai dengan diri Anda. Carilah referensi tentang industri atau pekerjaan tersebut serta kualifikasi yang diperlukan untuk mampu mencapainya. Tidak instan memang, tapi layak dilakukan.

4. Melupakan impian karena takut gagal
Rasa takut adalah suatu emosi yang kuat. Siapapun akan merasakannya ketika mereka mengejar sesuatu yang lebih besar dari diri mereka.

Jangan biarkan hal ini menghalangi Anda dalam mewujudkan cita-cita. Orang yang paling sukses adalah orang yang meskipun merasa takut, mereka tetap berani mengambil tindakan.

5. Larut dalam pendapat negatif dari orang lain
Akan selalu ada orang yang meragukan kemampuan dan mempertanyakan cita-cita Anda. Jangan sikapi hal tersebut dengan negatif.

Biarkan orang-orang mengatakan apa yang ingin mereka katakan dan fokus pada tujuan Anda. Manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin agar kelak Anda dapat mengingatnya dengan penuh kebanggaan.