< FYI

5 Keunggulan Lidah Buaya untuk Kecantikan

5 Keunggulan Lidah Buaya untuk Kecantikan

FYI

Sejak ribuan tahun silam, lidah buaya dikenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kini, lidah buaya kembali diburu karena dipercaya memiliki banyak keunggulan untuk kecantikan wajah. Tanaman yang bentuknya mirip seperti kaktus ini mengandung vitamin A, B1, C dan E yang cukup tinggi. Tidak mengherankan jika banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar maupun campuran. Berikut ragam keunggulan lidah buaya untuk kecantikan.

1. Melembapkan Wajah

Isi daun lidah buaya yang sangat berlendir dapat Anda manfaatkan untuk melembapkan wajah. Meski saat ini lidah buaya bisa Anda jumpai dalam bentuk produk kecantikan, tidak ada salahnya menggunakan lidah buaya secara langsung. Caranya cukup mudah, bagian tengah (berlendir) lidah buaya dapat diusapkan langsung ke seluruh wajah. Namun, pastikan wajah dalam keadaan bersih, bebas debu. Diamkan selama beberapa menit hingga meresap dan bilas sampai bersih.

2. Mencerahkan Wajah

Kulit wajah yang cerah, tidak kusam, tentu menjadi dambaan setiap perempuan. Kandungan vitamin E pada lidah buaya terbukti mampu mencerahkan kulit wajah. Caranya cukup mudah, cukup oleskan lidah buaya ke seluruh wajah. Anda bisa menggunakan lidah buaya secara langsung atau yang berbentuk gel untuk membuat wajah tidak lagi kusam.

3. Mengobati Jerawat

Selain kaya akan kandungan vitamin, lidah buaya juga mengandung zat anti-bakteri yang berfungsi mencegah sekaligus mengobati jerawat. Astringent, salah satu zat-antibakteri pada lidah buaya berperan menyerap minyak berlebih pada wajah.

4. Menghilangkan Komedo

Komedo, masalah kulit wajah lain yang membuat banyak perempuan geram. Komedo terjadi akibat penumpukan kotoran yang menghambat pori-pori wajah. Biasanya, komedo muncul di sekitar hidung dan pipi. Lidah buaya tentu dapat digunakan untuk menghilangkan komedo membandel. Caranya sangat sederhana, cukup dengan mengoleskan lidah buaya pada bagian yang berkomedo setidaknya 2 atau 3 kali seminggu.

5. Antiaging

Rutin mengoleskan lidah buaya akan menghindari Anda dari penuaan dini. Sebab, kandungan vitamin C dan E serta senyawa aktif seperti beta karoten pada lidah buaya terbukti ampun untuk mencegah antiaging atau penuaan dini. Hasilnya tentu akan jauh lebih maksimal jika diimbangi dengan pola makan sehat, olahraga dan istirahat teratur.