< Tips

5 Keuntungan Bekerja Freelance

5 Keuntungan Bekerja Freelance

Tips

Menjadi pekerja lepas atau secara freelance tidak jarang dipandang sebelah mata oleh orang-orang. Tidak memiliki ikatan kerja pada satu perusahaan membuat banyak yang mengatakan bahwa seorang freelance tidak memiliki gaji yang tetap dan merupakan seorang pekerja serabutan. Sebenarnya ada lho keuntungan dibalik bekerja sebagai freelance. Yuk simak artikel ini!

1. Memiliki Banyak Koneksi
Bekerja di lebih dari satu tempat dalam waktu yang bersamaan membuat Anda tentunya bertemu dengan orang yang lebih banyak dibandingkan bekerja di satu tempat saja. Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan Anda jika bekerja sebagai freelancer. Mengenal banyak orang menjadikan Anda dapat memiliki koneksi yang lebih banyak di luar bidang pekerjaan Anda yang tentunya bisa Anda manfaatkan juga.

2. Menerima Banyak Feedback
Bekerja sebagai freelancer menempatkan Anda di ruang lingkup yang lebih besar. Bekerja dengan banyak orang pastinya membuat Anda menerima banyak feedback dari orang-orang sekitar Anda. Feedback ini pun bisa Anda terima dan manfaatkan sebagai bentuk introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Waktu Kerja yang Fleksibel
Lain dari pegawai tetap, seorang freelancer menentukan sendiri jam kerja yang bisa disanggupi. Bisa jadi lebih dari jam kerja biasa ataupun jauh lebih sedikit. Pekerjaan pun dapat dilakukan di mana saja, sekarang ini banyak para freelancer yang mengandalkan bekerja secara online namun tergantung pada jenis pekerjaan yang dimiliki.

4. Penghasilan Lebih Besar
Memang jika pada satu tempat, gaji freelancer lebih kecil dibandingkan dengan pegawai tetap. Namun jika freelancer bekerja di beberapa tempat sekaligus, pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit” akan menjadi nyata, bukan?  

5. Menjadi Bos untuk Diri Sendiri
Dengan menjadi freelancer otomatis Anda menjadi bos untuk diri Anda sendiri. Anda menentukan sendiri mana pekerjaan yang ingin dikerjakan, besarnya gaji Anda, sampai cara kerja yang ingin Anda pakai. Bekerja secara freelance berarti membangun sistem kerja sendiri dan mematuhinya sendiri.