< Business

5 Kiat Mudah Jaga Kekompakan dengan Rekan Bisnis

5 Kiat Mudah Jaga Kekompakan dengan Rekan Bisnis

Business

Membangun kekompakan dengan rekan bisnis bukan perkara mudah. Selain visi dan misi yang harus sejalan, dibutuhkan sikap saling pengertian agar dapat memahami karakter dan keinginan satu sama lain. Berikut 5 kiat yang cukup efektif untuk menjaga kekompakan dengan rekan bisnis.

1. Lancar Berkomunikasi

Dalam segala hal, komunikasi merupakan landasan penting untuk membangun kekompakan. Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan baik, bagaimana bisa meningkatkan kekompakan dengan rekan bisnis? Terdapat banyak cara sederhana untuk dapat meningkatkan intensitas dan kualitas komunikasi Anda dengan rekan bisnis. Misalnya, makan bersama di akhir pekan, liburan atau lain sebagainya. Dengan begitu, Anda dan rekan bisnis sama-sama memiliki kesempatan untuk mengenal satu sama lain.

2. Saling Beri Dukungan

Dukungan menjadi salah satu hal penting dalam menjalani sebuah bisnis. Saling memberi dukungan berguna untuk meningkatkan performa masing-masing agar dapat mencapai target dengan maksimal.

3. Diskusi Secara Rutin

Cara mudah lain yang dapat Anda terapkan adalah meluangkan waktu untuk melakukan diskusi secara rutin. Tujuan dari diskusi yang dilakukan secara rutin tersebut adalah mengetahui jika Anda dan rekan bisnis masih berada di jalur (tujuan) yang sama. Selain itu, diskusi juga berfungsi meningkatkan semangat dan ketertarikan masing-masing pihak untuk bekerja lebih baik lagi.

4. Saling Mengapresiasi

Besar kecilnya pencapaian harus bisa dihargai oleh kedua belah pihak, Anda dan rekan bisnis. Terlebih lagi jika Anda dan rekan bisnis mampu mencapai target yang ditentukan, maka jangan segan memberikan apresiasi. Dengan begitu, Anda dan rekan bisnis merasa dihargai dan lebih termotivasi lagi.

5. Selalu Update

Memberikan berita update perihal perkembangan perusahaan atau bisnis yang Anda jalani pada rekan bisnis merupakan suatu keharusan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa saling memiliki terhadap perusahaan atau bisnis yang dijalani. Dengan begitu, baik Anda maupun rekan bisnis tahu harus mengambil langkah seperti apa jika perusahaan atau bisnis dihadapi dengan permasalahan.