Tuesday, November 12, 2019
FYI
FYI

5 Kota Paling Aman di Indonesia untuk Solo Traveling

Spectr News Theme Isny Dewi R.
16, August 2019
514

Anda sudah tak sabar ingin pergi liburan tapi sayangnya tidak ada satupun teman yang dapat menemani Anda? Itu tandanya, Anda harus mencoba solo traveling! Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba solo traveling, tak perlu takut! Karena ada banyak kota-kota di Indonesia yang aman untuk solo traveling. Lima di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Yogyakarta
Siapa yang tidak kenal kota satu ini? Yogyakarta selalu menjadi tujuan favorit untuk liburan. Tak heran, karena kota gudeg ini menyimpan begitu banyak keindahan alam, budaya, sejarah, hingga kuliner yang bikin siapa saja selalu ingin kembali ke sini. Dan yang paling berkesan dari Yogyakarta adalah keramahan dan kehangatan masyarakatnya. Karena itu lah Yogyakarta menjadi salah satu tujuan terbaik untuk solo traveling. Untuk keamanan pun tak perlu diragukan lagi. Jika Anda tersesat, jangan sungkan untuk meminta bantuan warga setempat.

2. Solo
Sama halnya dengan Yogyakarta, Solo juga terkenal akan keramahan penduduknya. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini juga memiliki berbagai jenis wisata yang dapat memanjakan traveler, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata belanja. Solo juga terkenal sebagai kota yang kaya kuliner dan harganya juga sangat terjangkau.

Saudara Yogya ini memiliki aspek keamanan kota yang cukup tinggi, bahkan Solo menduduki peringkat pertama sebagai kota paling layak huni di Indonesia. Dijamin aman untuk solo traveling!

3. Denpasar
Dalam survei yang dilakukan IAP (Ikatan Ahli Perencanaan), Denpasar menduduki peringkat ke-empat sebagai kota dengan keamanan tertinggi di Indonesia. Posisinya bahkan berhasil mengungguli Yogyakarta.Tentunya aman untuk para solo traveler.

Sebagai ibu kota Bali, sudah bukan rahasia lagi kalau kota ini dipenuhi turis dari berbagai penjuru dunia. Jadi, selain pergi liburan, di kota ini Anda pun berkesempatan untuk mengenal traveler dari negara lain. Banyak juga lho turis asing yang solo traveling ke Denpasar.

Selain itu, Denpasar juga menyimpan beberapa wisata yang mengagumkan seperti Desa Budaya Kertalangu, Taman Werdhi Budaya, Museum Bali, Pulau Serangan, dan yang sudah sangat populer seperti Sanur dan Tanah Lot.

4. Balikpapan
Kota di Kalimantan Timur ini juga dinilai sebagai kota dengan keamanan terbaik di Indonesia. Balikpapan menduduki peringkat kedua kota paling aman se-Indonesia dengan nilai 70. Tak hanya itu, Balikpapan juga memiliki indeks kebersihan tertinggi. Keren!

Untuk wisatanya, di sini Anda bisa menikmati keindahan alam Pantai Melawai, Pantai Kemala, Hutan Mangrove Margomulyo, hingga Danau Cermin Lamaru yang terkenal dengan keindahan dan kejernihan airnya.

5. Palembang
Menurut data Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Palembang menjadi kota paling nyaman kedua di Indonesia. Kota pempek ini juga dinilai memiliki aspek Penataan Kota dan Fasilitas Pejalan Kaki terbaik kedua se-Indonesia. Pastinya aman dan nyaman buat Anda yang berencana solo traveling ke Palembang.

Untuk urusan tempat wisata, selain Jembatan Ampera yang sangat terkenal, Anda juga bisa mengunjungi Wisata Alam Hutan Punti Kayu, Palembang Bird Park, Air Terjun Maung, Pulau Kemaro, dan masih banyak lagi.

 

Sumber Foto: pixabay.com/free-photos

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration